Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sirah nabawiyah

Main Author: Abubakar, Isti'anah
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-malang.ac.id/2455/3/2455.pdf
http://repository.uin-malang.ac.id/2455/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter menjadi parameter utama keberhasilan pendidikan suatu negara. Adapun sirah nabawiyah adalah kajian syamil akan perjalanan Nabi Muhammad sebagai sosok inspiratif fenomenal bagi semua umat. Eksplorasi sirah Nabawiyah menjadi mutlak dilakukan guna menemukan inspirasi-inspirasi baru yang mampu diaplikasikan dalam konteks kekinian. Selama ini kajian Sirah Nabawiyah banyak ditekankan pada pasca kenabian yang secara tidak langsung menjadikan modelling Nabi Muhammad sebagai sesuatu yang imposible. Status kenabian menjadi alasan utama ketidakmampuan kita untuk meniru sosok Nabi Muhammad. Maka kajian ini dimaksudkan untuk memberikan wacana baru dengan mempertegas sisi manusiawi Nabi yang siapapun dan dalam kondisi apapun mampu mendekati sosok ideal Nabi Muhammad, sebagai insan paripurna yang notabene menjadi tujuan utama pendidikan karakter itu sendiri. Kajian ini difokuskan pada penelahaan pada masa sebelum kenabian sebagai bagian integral dalam pendidikan karakter. Artinya, masa sebelum kenabian menjadi pijakan untuk dimaknai untuk kemudian ditemukan core values yang mampu menjadi main material dalam pendidikan karakter, terutama bagi generasi muda.