Strategi Internalisasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika

Main Author: Abdussakir, Abdussakir
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-malang.ac.id/2274/2/2274.pdf
http://repository.uin-malang.ac.id/2274/
Daftar Isi:
  • Untuk menanamkan nilai budaya melalui pembelajaran matematika perlu diketahui terlebih dahulu nilai-nilai dalam matematika sendiri, nilai-nilai dalam pembelajaran matematika, dan nilai-nilai budaya. Karena matematika adalah bentuk atau produk budaya serta proses pembelajarannya terjadi melalui atau dalam budaya, maka nilai-nilai matematika dan pembelajaran matematika tidak lain adalah nilai budaya. Penanaman nilai budaya ini dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan melalui empat strategi, yaitu infusi, analogi, narasi, dan immersi. Tentunya strategi ini masih perlu didukung oleh penciptaan lingkungan belajar yang juga mendukung penanaman nilai budaya.