Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Masalah Matematika Materi Simetri Dan Pencerminan
Main Author: | Azizah, Uci Nur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/650/1/148620600021%20Uci%20Nur%20Azizah.pdf http://eprints.umsida.ac.id/650/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas V SDN Karang Tanjung, Candi masalah matematika pada materi simetri dan pencerminan bangun datar. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan purposive sampling sehingga subjek peneltiannya yaitu tiga siswa kelas V SDN Karang Tanjung dengan kemampuan matematika yang berbeda-beda yaitu dari yang tinggi, sedang, hingga rendah. Dari kegiatan subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dan kegiatan wawancara diperoleh informasi proses berpikir kritis mereka. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap proses berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika lebih tinggi dapat melalui seluruh tahapan proses berpikir kritis, yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, danstrategi pada semua soal. Sedangkan dua subjek lainnya yang memiliki kemampuan matematika sedang dan rendah tidak dapat melalui salah satu atau lebihdari empat tahap proses berpikir kritis.