ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI SDN KARANGJATI I PANDAAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL VOLUME BANGUN RUANG
Main Authors: | Prasasti, Frischila Eka, Alimah, Siti, Amalia, Efi Nur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/610/1/frischila%20eka%2C%20siti%20A%2C%20Efi%20N.A.pdf http://eprints.umsida.ac.id/610/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika adalah pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga siswa cenderung merasa kurang tertarik ketika pembelajaran berlangsung. Anggapan siswa sulit mengenai pembelajaran matematika dikarenakan siswa sering mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan melakukan analisis kesalahan pada materi yang dianggap paling sulit oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan konsep, prinsip, operasi, atau kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa kelas VI SDN Karangjati I Pandaan pada materi volume bangun ruang dan memberikan saran untuk para guru. Subjek penelitian adalah 1 siswa kelas VI A dan 1 siswa kelas VI B SDN Karangjati I Pandaan yang terdiri dari 2 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Tes Pengetahuan Nilai Mutlak (LTPNM) dan pedoman wawancara. Lembar tes ini terdiri dari 4 soal yang diambil dari Buku Sekolah Elektronik. Menurut data yang diperoleh kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan konsep, prinsip, dan operasi. Faktor yang menyebabkan kesalahan siswa adalah siswa sulit memahami bangun ruang dan nama bangun ruang terutama pada bangun prisma, siswa bingung dalam menentukan pie (π) jika diameter dan jari-jari tabung berbentuk desimal, siswa salah menjumlahkan bilangan desimal dengan bilangan bulat.