ANALISIS KESALAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH

Main Authors: Hikmah, Amirotul, Ningsih, Dita Fidia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/592/1/AMIROTUL%20HIKMAH%20DAN%20DITA%20FIDIA1.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/592/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar agar pesrta didik terbekali dengan kemampuan berfikir logis, analisis, kritis, dan kreatif serta memiliki kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola serta memanfaatkan informasi. Berdasarkan permasalah yang terjadi di kelas II SDN Kedungrawan 1 Krembung Sidoarjo dapat digambarkan pada umumnya, khususnya dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah masih mengalami kesulitan.Terdapat beberapa kesalahan pada operasi penjumlahan bilangan cacah yaitu siswa menjumlahkan ratusan dengan ratusan, puluhan dengan puluhan, dan satuan dengan satuan dan kesalahan terdapat pada operasi penjumlahan bilangan cacah siswa lupa menjumlahkan penyimpannya satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan dan satuan dengan satuan. Kesalahan operasi hitung penjumlahan disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dalam operasi penjumlahan bilangan cacah, teknik menyimpan serta kurang hati-hati dalam menyelesaikan soal tersebut.