ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: Khismawati, Hakiki May, Hidayati, Silvia, Jayanti, Devi Dwi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/591/1/Hakiki%20May.K%2C%20Devi%20D.J%2C%20Silvia.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/591/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan campuran yang dialami oleh siswa kelas V pada pokok bahasan bilangan pecahan campuran. Penelitian ini dilakukan di SDN Panggreh 2 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini adalah dua siswa kelas V SDN Panggreh 2 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Teknik tes dalam penelitian ini lembar tes yang berisi berisi soal uraian atau essay dan membahas tentang materi pecahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan disebabkan oleh (1) Menjumlah pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, (2) Salah dalam mengubah bilangan pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan salah mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan campuran, (3) Penyebut sudah disamakan tetapi pembilang belum disesuaikan, (4) Salah dalam menentukan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) untuk menyamakan penyebutnya, dan (5) salah dalam menyederhanakan bilangan pecahan pada hasil akhir.