ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Sa’adah, Nilam Nur, Astriana, Veny |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/589/1/Veny%20Astriana%2C%20Nilam%20N%20S.pdf http://eprints.umsida.ac.id/589/ |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan sebuah mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa. Siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika itu sulit, sehingga siswa mengalami banyak kesulitan-kesulitan terhadap proses pembelajaran. Dari kesulitan-kesulitan tersebut akan menyebabkan kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis sebanyak 5 butir soal uraian. Bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal diatas yaitu kesalahan konsep pada operasi pengurangan yang melibatkan bilangan nol, belum menguasai sepenuhnya prosedur pengurangan bilangan dengan cara meminjam dan menyimpan. Pada soal nomor 1 siswa berhasil menjawab benar sebanyak 80% jawaban salah 20%, pada soal nomor 2 siswa sama sekali tidak bisa mnejawab dengan benar dan presentasenya 0% sedangkan yang menjawab salah sebanyak 100%, pada soal nomer 3 siswa yang berhasil menjawab benar semua dengan presentase 100% dan yang menjawab salah 0%, pada soal nomer 4 siswa yang berhasil menjawab benar sebanyak 40% dan yang menjawab salah sebanyak 60%, terakhir pada soal nomer 5 siswa yang menjawab benar sebanyak 60% dan yang menjawab salah sebanyak 40%.