PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI ISLAMIYAH GUPPI PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGIPANJANG
Main Author: | Nurcahyani, Yuni Dwi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/562/1/Revisi%20artikel%20mtk%20yuni%20dwi%20nurcahyani%20%28185%292%20.pdf http://eprints.umsida.ac.id/562/ |
Daftar Isi:
- Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada saat proses belajar mengajar atau pembelajaran yang di kelas adalah penyampaian materi belajar yang kurang baik atau kurang menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa banyak dibawah dari nilai kkm. Permasalahan yang terjadi adalah siswa yang masih banyak belum bisa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan materi keliling dan luas persegi serta persegipanjang. Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti menerapkan sebuah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas persegi serta persegi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua kali siklus yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang saya lakukan ini bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa pada saat penelitian memberikan sebuah soal kepada siswa kemudian hasil yang didapatkan oleh penelitian tersebut hasil belajar mengalami peningkatan.