PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Main Author: | Fatmawati, Nuri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf http://eprints.umsida.ac.id/558/ |
ctrlnum |
558 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umsida.ac.id/558/</relation><title>PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA</title><creator>Fatmawati, Nuri</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa sekolah dasar untuk memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, dan Self-Correct. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa yang memiliki kemampuan matematikanya rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes pemberian soal serta analisis data hasil wawancara. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis siswa dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dengan tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang di berikan dapat di paparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima.</description><date>2017-08-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_4</rights><identifier>http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf</identifier><identifier> Fatmawati, Nuri (2017) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fatmawati, Nuri |
title |
PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) LB Theory and practice of education LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf http://eprints.umsida.ac.id/558/ |
contents |
Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa sekolah dasar untuk memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, dan Self-Correct. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa yang memiliki kemampuan matematikanya rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes pemberian soal serta analisis data hasil wawancara. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis siswa dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dengan tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang di berikan dapat di paparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima. |
id |
IOS3709.558 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
institution_id |
408 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
library_id |
553 |
collection |
Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
repository_id |
3709 |
subject_area |
Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas Law/Ilmu Hukum Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama Muhammadiyah |
city |
SIDOARJO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS3709 |
first_indexed |
2017-09-10T01:29:52Z |
last_indexed |
2017-09-10T01:29:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763279307393728512 |
score |
17.538404 |