PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Author: Fatmawati, Nuri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/558/
ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umsida.ac.id/558/</relation><title>PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA</title><creator>Fatmawati, Nuri</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa sekolah dasar untuk memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, dan Self-Correct. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa yang memiliki kemampuan matematikanya rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes pemberian soal serta analisis data hasil wawancara. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis siswa dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dengan tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang di berikan dapat di paparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima.</description><date>2017-08-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_4</rights><identifier>http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf</identifier><identifier> Fatmawati, Nuri (2017) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fatmawati, Nuri
title PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
publishDate 2017
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1501 Primary Education
url http://eprints.umsida.ac.id/558/1/Nuri%20Fatmawati%20%28229%29.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/558/
contents Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa sekolah dasar untuk memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, dan Self-Correct. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa yang memiliki kemampuan matematikanya rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes pemberian soal serta analisis data hasil wawancara. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis siswa dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dengan tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang di berikan dapat di paparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima.
id IOS3709.558
institution Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
institution_id 408
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
library_id 553
collection Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
repository_id 3709
subject_area Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas
Law/Ilmu Hukum
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Muhammadiyah
city SIDOARJO
province JAWA TIMUR
repoId IOS3709
first_indexed 2017-09-10T01:29:52Z
last_indexed 2017-09-10T01:29:52Z
recordtype dc
_version_ 1763279307393728512
score 17.538404