Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Oprasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negri Pekarungan
Main Author: | Astuti, Bayu Sri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/549/1/bayu%20SA%20%28182%29%20fix.pdf http://eprints.umsida.ac.id/549/ |
Daftar Isi:
- Permasalah dari hasil penelitian pada siswa kelas V SDNegri Pekarungan adalah (1) siswa tidak mampu menguasai materi , (2) siswa kurang memperhatikan materi yang diberikan guru, (3) siswa kurang dalam mengerjakan latihan-latihan soal, (4) siswa malu bertanya tentang materi yang belum dimengerti., tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar kelas Vdengan meningkatakan kemampuan siswa (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika, terutama oprasi hitung pecahan siswa kelas V sekolah dasar selama proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran operasi hitung pecahan termasuk dalam kategori kurang baik (2) Rata-rata hasil ulangan dengan rendah dengan indikator tertinggi adalah memecahkan masalah yang melibatkan operasi hitung penjumlahan (3) Kendala yang dihadapi siswa yaitu pemahaman soal kurang, lupa konsep operasi penjumlahan dan tidak bisa mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah memahami isi materi yang telah di baca dan di pelajari dalam pembelajaran dan sering memberi latihan soal yang bervariasi.