Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Hasyim Asy’ari Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang
Main Author: | Rahmawati, Assa’diah Eka |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/548/1/Assa%27diah%20Eka%20R..pdf http://eprints.umsida.ac.id/548/ |
Daftar Isi:
- Salah satu masalah pada pembelajaran matematika di MI Hasyim Asy’ari adalah rendahnya kualitas belajar siswa dalam menguasai materi materi yang diajarkanoleh guru. Masalah ini terjadi pada siswa MI kelas 4 tahun ajaran 2016-2017. Masalah yang terjadi pada siswa tersebut adalah kesalahan-kesalahan dalam mengukur, yakni kesalahan pengukuran kasar, kesalahan pengkuran random, dan kesalahan pengukuran random. Masalah-maalah tersebut menjadikan rendahnya kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menurunkan jenis kesalahan belajar siswa, dan (2) meningkatkan kualitas belajar siswa dengan model CTL. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep Penelitian Tindakan Kelas yang dilaaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan dalam kurun waktu 2 kali tatap muka. Berdasarkan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan juga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.