Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Bangil dalam Mengerjakn Soal Materi Pecahan
Main Author: | Amalia, Anita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/540/1/Anita%20amalia%20A-3%20revisi.pdf http://eprints.umsida.ac.id/540/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan faktor terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi materi operasi bilangan ribuan, bilangan bulat, pecahan, bilangan romawi, dan bangun ruang dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bangil. Untuk Instrumen yang digunakan mengumpulkan data adalah tes. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pola kesalahan yang ditemukan pada materi pecahan,berdasarkan tingkat kesalahan yang paling banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan di lakukukan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, kesalahan pada notasi dan kesalahan kecerobohan atau kurang teliti. Faktor penyebab terjadinya kesalah dalam mengerjakan soal materi pecahan yaitu kurangnya minat siswa untuk belajar matematika dan kurangnya konsep pemahaman siswa, serta kurangnya tingkat ketelitian siswa pada saat mengerjakan soal.