Analisis Kesalahan Siswa kelas IV dalam Menyelesaikan Soal cerita Materi Pecahan di SDN Kolursari 2 Bangil

Main Author: Hidayati, Alfianuril
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/538/1/Alfianuril%20Hidayati.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/538/
Daftar Isi:
  • Salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Dasar adalah Pecahan. Pecahan adalah salah satu materi yang harus dipahami siswa. Banyak pula kendala yang harus dilakukan oleh siswa agar memahami materi pecahan. Salah satunya yang terjadi di SDN Kolursari 2 Bangil terdapat beberapa siswa yang melakukan kesalahan konsep maupun operasi hitung yang menyebabkan terjadinya hasil dari ujian tengah semesternya kurang baik. Apalagi dalam masalah menyelesaikan materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan pada siswa SD kelas IV. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas IV SDN Kolursari 2 Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data diambil dari mengumpulkan soal UTS semester ganjil yang ditentukan berdasarkan banyaknya kesalahan yang diketahui melalui tiap butir soal.Dari hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan presentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan yaitu kesalahan konsep sebesar 59% dan kesalahan operasi hitung sebesar 41%. Penyebab kesalahan diakibatkan karena (1) kurangnya siswa dalam memahami terhadap konsep dasar pecahan senilai (2) kurang teliti dalam menghitung (3) kurang teliti dalam menyelesaikan soal (4) belum begitu hafal perkalian dan pembagian bilangan (5) tidak memahami konsep dasar operasi penjumlahan, pengurangan.