PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Author: Mustafidah, Vina Azimatul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/533/1/7%2C06%20Vina%20Azimatul%20M..pdf
http://eprints.umsida.ac.id/533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikani proses berpikir kritis siswa sekolah dasar kelas III dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang berbentuk soal cerita materi keliling dan luas persegi serta persegipanjang. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa kelas III MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo yang masing-masing memiliki kemampuan matematika yang berbeda. Satu siswa memiliki kemampuan rendah, satu siswa memiliki kemampuan sedang, da satu siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Instrumen dalam penelitian ini meliputi observasi, lembar tes soal berpikir kritis, serta wawancara kepada siswa yang bersangkutan. Analisis data dilakukan dengan cara penyajian data. Berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah hanya bisa pada tahapan awal yaitu tahapan clarification. Pada siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang mempunyai hasil lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan rendah yaitu bisa sampai pada tahapan ketiga yaitu tahapan interfrence. Sedangkan pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi mempunyai hasil yang sangat bagus yaitu bisa sampai pada tahap akhir yaitu tahap strategis.