Peningkatan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains

Main Authors: Sartika, Septi Budi, Nuroh, Ermawati Zulikhatin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/489/1/ARTIKEL%20Septi%20Budi%20Sartika%202.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/489/
http://eprints.umsida.ac.id/332/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir analisis siswa SMP dalam menyelesaikan soal IPA melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis keterampilan proses sains. Indikator berpikir analisis menggunakan 3 indikator yaitu membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan one group pretest and posttest design, dengan kelas uji coba di SMP Negeri Sidoarjo. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh nilai peningkatan skor tes keterampilan berpikir analisis dari nilai pretest ke posttest yaitu topik-1 sebesar 12,13 dan topik-2 sebesar 12,04, artinya terdapat peningkatan dari nilai pretest dan posttest.