Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPS pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Main Author: Rahayu, Dewi Widiana
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/433/1/ARTIKEL%20Dewi%20Widiana%20Rahayu.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/433/
http://eprints.umsida.ac.id/332/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPS berorientasikan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw untuk melatihkan keterampilan berpikir pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar agar dapat mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran, serta mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kegiatan penelitian ini akan dilaksanakan pada ujicoba kelas terbatas dan ujicoba kelas klasikal, dengan menggunakan Model of the Instructional Development Cycle, yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu: analysis, planning, design, development, implementation, evaluation and revision, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rencana pretest-post test design. Data hasil penelitian yang diperoleh dari kepraktisan perangkat pembelajaran ini dilihat dari keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran yang dapat terlaksana dengan baik sesuai sintaks model cooperative jigsaw, aktivitas mahasiswa yang paling dominan yakni menyimak penjelasan dosen, aktivitas dosen yang paling dominan adalah menyampaikan informasi, respons mahasiswa terhadap pembelajaran terhadap model pembelajaran cooperative type Jigsaw menyatakan sangat tertarik dan cukup tertarik terhadap perangkat pembelajaran, suasana belajar, cara dosen mengajar, serta contoh-contoh soal, dan hambatan selama proses pembelajaran dapat teratasi