Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Ancak-Ancak Alis sebagai Pemerkuat Karakter Bangsa di Era AEC

Main Authors: Setiawan, Aditya Toni, Handayani, Dwi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/430/1/ARTIKEL%20Aditya%20Toni%20Setiawan.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/430/
http://eprints.umsida.ac.id/332/
Daftar Isi:
  • Pembentukan karakter bangsa sabagai modal menghadapi era AEC perlu digalakkan demi terciptanya SDM yang berkualitas. Manusia yang cerdas, terampil dan kompetitif dapat dibentuk melaui pembelajaran di tingkat SD dengan memanfaatkan kekayaan budaya Indonesia berupa permainan tradisional. Permainan tradisioanal dirasa sangat cocok digunakan dalam pembelajaran di SD karena sesuai dengan taraf usia anak yaitu usia bermain. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu: (1) mengkaji model pembelajaran berbasis permainan tradisional ancak-ancak alis di SD; (2) menjelaskan manfaat penerapan model pembelajaran berbasis permainan tradisonal ancak-ancak alis terhadap pembentukan karakter bangsa. Pembelajaran berbasis permainan tradisonal ancak-ancak alis merupakan salah satu pembelajaran yang mengintegrasikan permainan tradisional ancak-ancak alis ke dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini mampu memperkuat karakter anak Indonesia yaitu menjadikan anak yang tertib, mampu bekerjasama, jujur, bertanggung jawab, bertoleransi, aktif, berkomunikasi aktif, berani, serta sikap berfikir secara kritis terhadap sesuatu. Penerapan model pembelajaran berbasis permainan tradisional ancak-ancak alis mampu memperkuat karakter bangsa dalam mempersiapkan SDM berkualitas di era AEC.