Penerapan Permainan Konstruktif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto

Main Author: Rocmah, Luluk Iffatur
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/428/1/5.%20ARTIKEL%20LULUK%20Iffatur.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/428/
http://eprints.umsida.ac.id/332/
Daftar Isi:
  • Masa anak usia dini merupakan masa keemasan. Di masa ini anak mengalami perkembangan, baik perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan psikologis, perkembangan sosial maupun perkembangan emosional. Segala macam kemampuan juga mulai dikembangkan pada usia dini ini. Oleh karena itu, dibutuhkan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal. Permainan konstruktif merupakan salah satu permainan yang dapat dijadikan media untuk menstmulasi perkembangan anak.Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto dengan menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan konstruktif yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto, dan aspek perkembangan apa sajakah yang dapat dicapai anak melalui penerapan permainan konstruktif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto.Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa.Penentuan sumber data ini dilakukan secara purposive, yaitu sumber data dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan permainan konstruktif yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto berupa kegiatan membangun atau membuat suatu bentuk atau konstruksi menggunakan balok, lego, plastisin, clay, ataupun puzzle. Sedangkan aspek perkembangan yang dicapai oleh anak melalui penerapan permainan konstruktif diantaranya adalah perkembangan kognitif, perkembangan motorik halus, perkembangan sosial, perkembangan emosional dan perkembangan kreativitas anak.