Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Main Author: Sari, Rosida Eka
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/407/1/5%2C85%20Rosida%20Eka.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/407/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran geometri berdasarkan pendekatan matematika realistik. Karakteristik dari pembelajaran matematika realistik ialah pembelajaran yang mengacu pada aktivitas konstruksi, interaksi dan refleksi melalui pemberian masalah kontekstual kepada siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara dan observasi yaitu teknik trianggulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Sidodadi, Candi Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkanbahwa : 1) Adanya perbedaan peningkatan mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika realistik berdasarkan gender. 2) Adanya peningkatan hasil penilaian dari penggunaan pendekatan matematika realistik dengan pembeljaran biasa. Melalui pembelajaran matematika realistik akan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.