PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Amir, Mohammad Faizal |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/330/1/5%20Pak%20Faizal.pdf http://eprints.umsida.ac.id/330/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dan tingkat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest desains, subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar kelas IV SDN Penatarsewu, teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan analisis data menggunakan uji t dan rumus eta squared. Hasil pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh thitung > ttabel yakni 15,961 > 1,753. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Sementara itu hasil rumus eta-squared diperoleh 0,944. Hal ini menunjukkan pembelajaran kontekstual memiliki tingkat pengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD.