PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA

Main Author: Wahyuningsih, Arini Siti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Trunojoyo Madura , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/310/
http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains
ctrlnum 310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umsida.ac.id/310/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA</title><creator>Wahyuningsih, Arini Siti</creator><subject>LB2300 Higher Education</subject><description>Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan membuat seluruh pihak, tak terkecuali praktisi&#xD; pendidikan, ingin berkontribusi mengatasi hal tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah&#xD; dengan menghadirkan proses pembelajaran yang lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam&#xD; pendidikan sains, pendekatan Green Chemistry yang diintegrasikan dalam kegiatan laboratorium&#xD; diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mengembangkan sebuah Modul Praktikum berbasis pendekatan Green Chemistry yang dapat&#xD; digunakan mahasiswa calon guru IPA sebagai pedoman melaksanakan kegiatan praktikum yang&#xD; aman dan ramah lingkungan pada mata kuliah Kimia Dasar. Metode penelitian ini adalah Research&#xD; and Development (R&amp;D). Sasaran dalam penelitian ini adalah kelayakan modul tersebut&#xD; berdasarkan penilaian ahli (dosen Kimia) dan mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis&#xD; menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan&#xD; bahwa Modul Praktikum yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam&#xD; pembelajaran Kimia Dasar karena mendapat penilaian dengan kategori &#x201C;sangat baik&#x201D; dari dosen&#xD; kimia pada ketiga aspek yaitu isi, petunjuk serta kesesuaian dengan prinsip Green Chemistry dan&#xD; memperoleh respon yang sangat positif dari tanggapan mahasiswa sebagai pengguna modul&#xD; tersebut.&#xD; Kata Kunci: Modul praktikum, Kimia Dasar, Pendekatan Green Chemistry, mahasiswa calon guru IPA</description><publisher>Universitas Trunojoyo Madura</publisher><date>2017-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_4</rights><identifier>http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf</identifier><identifier> Wahyuningsih, Arini Siti (2017) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA. Jurnal Pena Sains, 4 (1). pp. 43-51. ISSN 2527-7634 </identifier><relation>http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains</relation><recordID>310</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyuningsih, Arini Siti
title PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA
publisher Universitas Trunojoyo Madura
publishDate 2017
topic LB2300 Higher Education
url http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/310/
http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains
contents Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan membuat seluruh pihak, tak terkecuali praktisi pendidikan, ingin berkontribusi mengatasi hal tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan proses pembelajaran yang lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam pendidikan sains, pendekatan Green Chemistry yang diintegrasikan dalam kegiatan laboratorium diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Modul Praktikum berbasis pendekatan Green Chemistry yang dapat digunakan mahasiswa calon guru IPA sebagai pedoman melaksanakan kegiatan praktikum yang aman dan ramah lingkungan pada mata kuliah Kimia Dasar. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sasaran dalam penelitian ini adalah kelayakan modul tersebut berdasarkan penilaian ahli (dosen Kimia) dan mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Modul Praktikum yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Kimia Dasar karena mendapat penilaian dengan kategori “sangat baik” dari dosen kimia pada ketiga aspek yaitu isi, petunjuk serta kesesuaian dengan prinsip Green Chemistry dan memperoleh respon yang sangat positif dari tanggapan mahasiswa sebagai pengguna modul tersebut. Kata Kunci: Modul praktikum, Kimia Dasar, Pendekatan Green Chemistry, mahasiswa calon guru IPA
id IOS3709.310
institution Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
institution_id 408
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
library_id 553
collection Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
repository_id 3709
subject_area Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas
Law/Ilmu Hukum
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Muhammadiyah
city SIDOARJO
province JAWA TIMUR
repoId IOS3709
first_indexed 2017-07-11T03:42:02Z
last_indexed 2017-07-11T03:42:02Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1763279305960325120
score 17.538404