PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA
Main Author: | Wahyuningsih, Arini Siti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Trunojoyo Madura
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf http://eprints.umsida.ac.id/310/ http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains |
ctrlnum |
310 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umsida.ac.id/310/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA</title><creator>Wahyuningsih, Arini Siti</creator><subject>LB2300 Higher Education</subject><description>Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan membuat seluruh pihak, tak terkecuali praktisi
pendidikan, ingin berkontribusi mengatasi hal tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah
dengan menghadirkan proses pembelajaran yang lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam
pendidikan sains, pendekatan Green Chemistry yang diintegrasikan dalam kegiatan laboratorium
diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sebuah Modul Praktikum berbasis pendekatan Green Chemistry yang dapat
digunakan mahasiswa calon guru IPA sebagai pedoman melaksanakan kegiatan praktikum yang
aman dan ramah lingkungan pada mata kuliah Kimia Dasar. Metode penelitian ini adalah Research
and Development (R&D). Sasaran dalam penelitian ini adalah kelayakan modul tersebut
berdasarkan penilaian ahli (dosen Kimia) dan mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan
bahwa Modul Praktikum yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam
pembelajaran Kimia Dasar karena mendapat penilaian dengan kategori “sangat baik” dari dosen
kimia pada ketiga aspek yaitu isi, petunjuk serta kesesuaian dengan prinsip Green Chemistry dan
memperoleh respon yang sangat positif dari tanggapan mahasiswa sebagai pengguna modul
tersebut.
Kata Kunci: Modul praktikum, Kimia Dasar, Pendekatan Green Chemistry, mahasiswa calon guru IPA</description><publisher>Universitas Trunojoyo Madura</publisher><date>2017-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_4</rights><identifier>http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf</identifier><identifier> Wahyuningsih, Arini Siti (2017) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA. Jurnal Pena Sains, 4 (1). pp. 43-51. ISSN 2527-7634 </identifier><relation>http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains</relation><recordID>310</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wahyuningsih, Arini Siti |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA |
publisher |
Universitas Trunojoyo Madura |
publishDate |
2017 |
topic |
LB2300 Higher Education |
url |
http://eprints.umsida.ac.id/310/1/2857-6828-1-PB.pdf http://eprints.umsida.ac.id/310/ http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains |
contents |
Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan membuat seluruh pihak, tak terkecuali praktisi
pendidikan, ingin berkontribusi mengatasi hal tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah
dengan menghadirkan proses pembelajaran yang lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam
pendidikan sains, pendekatan Green Chemistry yang diintegrasikan dalam kegiatan laboratorium
diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sebuah Modul Praktikum berbasis pendekatan Green Chemistry yang dapat
digunakan mahasiswa calon guru IPA sebagai pedoman melaksanakan kegiatan praktikum yang
aman dan ramah lingkungan pada mata kuliah Kimia Dasar. Metode penelitian ini adalah Research
and Development (R&D). Sasaran dalam penelitian ini adalah kelayakan modul tersebut
berdasarkan penilaian ahli (dosen Kimia) dan mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan
bahwa Modul Praktikum yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam
pembelajaran Kimia Dasar karena mendapat penilaian dengan kategori “sangat baik” dari dosen
kimia pada ketiga aspek yaitu isi, petunjuk serta kesesuaian dengan prinsip Green Chemistry dan
memperoleh respon yang sangat positif dari tanggapan mahasiswa sebagai pengguna modul
tersebut.
Kata Kunci: Modul praktikum, Kimia Dasar, Pendekatan Green Chemistry, mahasiswa calon guru IPA |
id |
IOS3709.310 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
institution_id |
408 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
library_id |
553 |
collection |
Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo |
repository_id |
3709 |
subject_area |
Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas Law/Ilmu Hukum Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama Muhammadiyah |
city |
SIDOARJO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS3709 |
first_indexed |
2017-07-11T03:42:02Z |
last_indexed |
2017-07-11T03:42:02Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1763279305960325120 |
score |
17.538404 |