PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUL HIDAYAH SUDIMORO TULANGAN
Main Author: | TAUFIQ, MOH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/2226/1/skripsi_universitas%20muhammadiyah%20sidoarjo_2017.pdf.pdf http://eprints.umsida.ac.id/2226/ |
Daftar Isi:
- Taufiq, Moh. 2018. Pengaruh model picture and picture berbantuan media Flip Chart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro. Program studi pendidikan sekolah dasar Muhammadiyah Sidoarjo,Tri Linggo Wati,M.Pd. Pada proses belajar mengajar belum menggunakan alat bantu media yang menarik hal ini mengakibatkan kurang nya hasil belajar siswa. dalam proses pembelajaran hanya menekankan pada buku lks siswa. Sehingga siswa berangapan pembelajaran IPA suatu pembelajaran yang hanya menghafal tentang suatu konsepkonsep. Untuk itu diperlukan suatu media sebagai penunjang dalam pembelajaran yakni model picture and picture berbantuan media flip chart. dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti seberapa besar pengaruh penggunaan model dengang kombinasi media dalam pembelajaran. Penelitian ini mengguanakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas IV MI yang berjumlah 41. Teknik penggumpulan data menggunakan tes. Hasil untuk uji t diperoleh t hitung 5,90 sedangakan t tabel dengan taraf signifikan 5% = 1,684. Dengan demikan t hitung > t tabel artinya ada pengauh pada pembelajaran yang menggunakan media flip chart terhadap hasil belajar siswa MI Darul Hidayah pada mata pelajaran IPA. Sedangkan hasil hitung uji eta squared menunjukkan angka sebesar 0,47 hal ini berarti ada pengaruh positif antata model Picture and picture berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Hidayah Sudimoro. Kata Kunci : Model Picture and picture berbantuan media Flip chart , Hasil belajar siswa