PENGARUH TINDAK LANJUT TEMUAN AUDIT FUNGSI PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN PENGGUNA KERETA API EKSEKUTIF PT. KERETA API INDONESIA (Studi pada PT. KAI Daop 8 Surabaya)

Main Author: Rahmawati, Imelda Dian
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/1776/1/1%20Artikel.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/1776/2/2%20Cover%20Prosiding.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/1776/3/2%20Lampiran%20Prosiding.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/1776/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan diterapkannya tindak lanjut temuan audit fungsi pemasaran akan menimbulkan pengaruh terhadap minat konsumen dalam menggunakan jasa kereta api kelas eksekutif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas, penelitian yang mencari hubungan sebab akibat atau pengaruh dari variabel-variabel penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi serta melalui kuesioner. Dengan dilakukannya audit manajemen fungsi pemasaran maka perusahaan dapat menilai setiap elemen dari bauran pemasaran jasa, dan mampu melakukan perbaikan-perbaikan melalui tindak lanjut audit dengan tujuan untuk meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan jasa kereta api. Analisis data yang digunakan ada dua pendekatan, pendekatan kualitatif dilakukan melalui triangulation test yang diwujudkan dalam bentuk review audit dan pendekatan kuantitatif melalui uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak lanjut temuan audit fungsi pemasaran yang berupa produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik secara signifikan berpengaruh terhadap minat konsumen pengguna kereta api eksekutif meskipun kebijakan-kebijakan baru terkait tindak lanjut audit tersebut baru dan masih dalam proses pelaksanaan. Secara parsial hanya ada dua variabel yang berpengaruh terhadap minat konsumen yaitu promosi dan orang/karyawan perusahaan, sedangkan untuk produk, harga, tempat, proses dan bukti fisik secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat konsumen pengguna kereta api eksekutif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. KAI Daop 8 Surabaya senantiasa berusaha untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen perusahaan melalui audit manajemen dan dari rekomendasi atas hasil audit tersebut, PT. KAI melakukan tindak lanjut untuk meningkatkan minat konsumen khususnya bagi pengguna kereta api eksekutif.