Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare
Main Author: | Nurdyansyah, Nurdyansyah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/1620/1/Jurnal%20Halaqa%20Nurdyansyah.pdf http://eprints.umsida.ac.id/1620/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan model social reconstruction Sebagai Pendidikan anti-korupsi pada pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah muhammadiyah di kandat. Karena saat ini pendidikan lebih banyak bertumpu pada pengembangan kognitif saja tanpa memperhatikan penanaman moral dan sikap bagi peserta didik. Sehingga penelitian ini akan menjadi acuan ilmiah dalam pengembangan pendidikan anti-korupsi di lingkungan kemenag dan akan memberikan konstribusi dalam penyadaran kepada para peserta didik tentang bahaya dan perlawanan terhadap korupsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di MI Muhammadiyah 1 Pare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III. Instrumen penelitian ini menggunakan questioner, observasi, wawancara dan dokumentasi, Temuan substantif dari kajian ini adalah 1) Model social reconstruction sangat cocok diterapkan sebagai pendidikan anti-korupsi dengan hasil ketercapaian pembelajaran sebesar 93,4%, 2) peserta didik sangat antusias dan mulai banyak memahami bahaya korupsi dan perlawanan terhadap korupsi, dan 3) penerapan model pembelajaran social reconstruction dapat mempermudah peserta didik dalam memahami dan memberikan kepekaan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya.