PELAKSANAAN PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT SEBAGAI BENTUK CORPORAT SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT PERTAMINA TERMINAL BBM REWULU YOGYAKARTA

Main Author: Tri Hartati Liasari
Format: Bachelors Thesis
Terbitan: IlKom 13 UMY 258 , 2013
Subjects:
Online Access: http://library.umy.ac.id/katalog.php?opo=lihatDetilKatalog&id=36227
Daftar Isi:
  • Adanya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2011 tentang pedoman penilaian PROPER. Pada tahun 2012 PT. Pertamina (Persero) TBBM Rewulu merubah program CSR yang berbasis charity menjadi Community Development. Program Community Development tersebut terdiri dari program Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT), pengembangan industri rumah tangga rambak cakar ayam dan jamu tradisional. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan program Community Development PT. Pertamina TBBM Rewulu pada tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Community Development PT. Pertamina TBBM Rewulu pada tahun 2012 terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Perencanaan program terdiri dari pendefinisian sasaran, memahami harapan komunitas dan stakeholder, serta kerjasama untuk mempromosikan Community Development sebagai unit usaha. Pelaksanaan program dilakukan secara outsourcing. Evaluasi program dilakukan dengan menggunakan metode formatif dan summatif. Pada pelaksanaan program Community Development tidak terlepas dari peran public relations sebagai problem solving fasilitator dan Communication Fasilitator. Program Community Development yang dilakukan oleh PT. Pertamina TBBM Rewulu pada tahun 2012 merupakan kegiatan CSR yang lebih produktif, bermanfaat dan mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat yaitu peningkatan SDM dan ekonomi. Kata Kunci: Corporate Sosial Responsibility (CSR), Community Development (CD), Peran Public Relations (PR).