ctrlnum 2417
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/</relation><title>Rancangan pengukuran kinerja berbasis balanced scorecard pada sekupang ferry terminal</title><creator>Angraini, Febi Adnesia</creator><subject>Manajemen Sumber Daya Manusia</subject><description>Transportasi laut merupakan sub sistem transportasi nasional terdiri dari elemen kegiatan angkutan laut, kepelabuhan, kelaiklautan kapal, kenavigasian serta penjagaan dan penyelamatan yang saling berinteraksi secara terpadu guna mewujudkan tersedianya angkutan laut yang efektif dan efisien. Balanced scorecard (BSC) merupakan metode penilaian kinerja dengan mekanisme berfokus kepada strategi karena penerapannya memungkinkan semua unit dalam organisasi memberikan kontribusi secara terukur pada pelaksanaan strategi organisasi untuk mencapai visi dan misi. Metode BSC digunakan sebagai alat analisis didalam menganalisis kinerja Sekupang Ferry Terminal (SFT). Bagaimana pelaksanaan pengukuran dan apa yang dihasilkan menjadi masukan bagi perusahaan untuk perbaikan di periode anggaran berikutnya. Objek penelitian yang diambil adalah semua pelanggan, karyawan dan pelaku bisnis dalam pelabuhan. Metode wawancara dan survei dipakai dalam penelitian ini. Jumlah total responden 133 orang, yaitu semua pihak yang terkait dalam operasional pelabuhan. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.&#xD; Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjabarkan visi, misi ke dalam sasaran-sasaran strategi pada keempat perspektif BSC, merumuskan ukuran-ukuran kinerja yang diperlukan oleh SFT, menetapkan indikator pengukuran kinerja SFT sesuai dengan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, mensimulasikan rancangan hasil pengukuran kinerja yang menggunakan metode BSC dengan pengukuran kinerja yang digunakan SFT selama ini.&#xD; Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian dimulai dari perancangan model BSC, meliputi: (1) penjabaran visi dan misi; (2) penyusunan peta strategi; (3) identifikasi idikator kinerja, penentuan ukuran dan target strategis serta perumusan inisiatif strategi; (4) penentuan bobot indikator kinerja; dan implementasi simulasi rancangan BSC, meliputi: (1) penentuan skor indikator kinerja kunci (KPI); (2) simulasi rancangan BSC; (3) evaluasi dan perbandingan hasil pengukuran kinerja; (4) implikasi manajerial.&#xD; Identifikasi indikator kinerja dibangun berdasarkan kajian teoritis, survei lapangan, dan survei pakar yang menghasilkan 11 indikator kinerja utama tersebar dalam empat perspektif BSC. Pembobotan perspektif BSC dan indikator kinerja menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). Metode objective matrix (OMAX) digunakan untuk menormalisasi dan mengkonversikan nilai ukuran kinerja menjadi indeks kinerja sehingga akan diperoleh satu indeks tunggal atau satu nilai kinerja tunggal.&#xD; Hasil simulasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja Sekupang Ferry Terminal tahun 2013 termasuk kedalam kategori excellent. Hal ini sesuai dengan perolehan total skor keseluruhan dari perspektif BSC sebesar 3,636. Perspektif finansial berkontribusi sebesar 9,4%, perspektif pelanggan sebesar 51,5%, perspektif proses bisnis internal sebesar 16,2% dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 22,9%. Aspek yang perlu ditingkatkan sebagai upaya yang dilakukan instansi untuk meningkatkan kinerja adalah dengan memperhatikan sasaran strategi pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Walaupun dinilai mampu dalam memberikan kepuasan kerja pegawai namun motivasi karyawan perlu ditingkatkan demi tercapainya target dan misi perusahaan. Peningkatan motivasi karyawan dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/1/12EK-01-Feby-Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/2/12EK-02-Feby-Ringkasan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/3/12EK-03-Feby-Summary.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/4/12EK-04-Feby-Daftarisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/5/12EK-05-Feby-Pendahuluan.pdf</identifier><identifier> Angraini, Febi Adnesia (2014) Rancangan pengukuran kinerja berbasis balanced scorecard pada sekupang ferry terminal. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor. </identifier><relation>http://elibrary.sb.ipb.ac.id</relation><recordID>2417</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Angraini, Febi Adnesia
title Rancangan pengukuran kinerja berbasis balanced scorecard pada sekupang ferry terminal
publishDate 2014
topic Manajemen Sumber Daya Manusia
url http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/1/12EK-01-Feby-Cover.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/2/12EK-02-Feby-Ringkasan.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/3/12EK-03-Feby-Summary.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/4/12EK-04-Feby-Daftarisi.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/5/12EK-05-Feby-Pendahuluan.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2417/
http://elibrary.sb.ipb.ac.id
contents Transportasi laut merupakan sub sistem transportasi nasional terdiri dari elemen kegiatan angkutan laut, kepelabuhan, kelaiklautan kapal, kenavigasian serta penjagaan dan penyelamatan yang saling berinteraksi secara terpadu guna mewujudkan tersedianya angkutan laut yang efektif dan efisien. Balanced scorecard (BSC) merupakan metode penilaian kinerja dengan mekanisme berfokus kepada strategi karena penerapannya memungkinkan semua unit dalam organisasi memberikan kontribusi secara terukur pada pelaksanaan strategi organisasi untuk mencapai visi dan misi. Metode BSC digunakan sebagai alat analisis didalam menganalisis kinerja Sekupang Ferry Terminal (SFT). Bagaimana pelaksanaan pengukuran dan apa yang dihasilkan menjadi masukan bagi perusahaan untuk perbaikan di periode anggaran berikutnya. Objek penelitian yang diambil adalah semua pelanggan, karyawan dan pelaku bisnis dalam pelabuhan. Metode wawancara dan survei dipakai dalam penelitian ini. Jumlah total responden 133 orang, yaitu semua pihak yang terkait dalam operasional pelabuhan. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjabarkan visi, misi ke dalam sasaran-sasaran strategi pada keempat perspektif BSC, merumuskan ukuran-ukuran kinerja yang diperlukan oleh SFT, menetapkan indikator pengukuran kinerja SFT sesuai dengan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, mensimulasikan rancangan hasil pengukuran kinerja yang menggunakan metode BSC dengan pengukuran kinerja yang digunakan SFT selama ini. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian dimulai dari perancangan model BSC, meliputi: (1) penjabaran visi dan misi; (2) penyusunan peta strategi; (3) identifikasi idikator kinerja, penentuan ukuran dan target strategis serta perumusan inisiatif strategi; (4) penentuan bobot indikator kinerja; dan implementasi simulasi rancangan BSC, meliputi: (1) penentuan skor indikator kinerja kunci (KPI); (2) simulasi rancangan BSC; (3) evaluasi dan perbandingan hasil pengukuran kinerja; (4) implikasi manajerial. Identifikasi indikator kinerja dibangun berdasarkan kajian teoritis, survei lapangan, dan survei pakar yang menghasilkan 11 indikator kinerja utama tersebar dalam empat perspektif BSC. Pembobotan perspektif BSC dan indikator kinerja menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). Metode objective matrix (OMAX) digunakan untuk menormalisasi dan mengkonversikan nilai ukuran kinerja menjadi indeks kinerja sehingga akan diperoleh satu indeks tunggal atau satu nilai kinerja tunggal. Hasil simulasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja Sekupang Ferry Terminal tahun 2013 termasuk kedalam kategori excellent. Hal ini sesuai dengan perolehan total skor keseluruhan dari perspektif BSC sebesar 3,636. Perspektif finansial berkontribusi sebesar 9,4%, perspektif pelanggan sebesar 51,5%, perspektif proses bisnis internal sebesar 16,2% dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 22,9%. Aspek yang perlu ditingkatkan sebagai upaya yang dilakukan instansi untuk meningkatkan kinerja adalah dengan memperhatikan sasaran strategi pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Walaupun dinilai mampu dalam memberikan kepuasan kerja pegawai namun motivasi karyawan perlu ditingkatkan demi tercapainya target dan misi perusahaan. Peningkatan motivasi karyawan dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.
id IOS3669.2417
institution Institut Pertanian Bogor
institution_id 20
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Sekolah Bisnis
library_id 692
collection Repositori Sekolah Bisnis IPB
repository_id 3669
subject_area Business/Bisnis
Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
city BOGOR
province JAWA BARAT
repoId IOS3669
first_indexed 2016-11-17T00:05:45Z
last_indexed 2016-11-17T00:05:45Z
recordtype dc
_version_ 1763211595854381056
score 17.538404