ctrlnum 2196
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/</relation><title>Analisis faktor-faktor pembentuk minat etnis tionghoa terhadap bank syariah</title><creator>Sari, Yurita</creator><subject>Manajemen Pemasaran</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji konsistensi hubungan faktor-faktor pembentuk minat Etnis Tionghoa terhadap Bank Syariah. Menurut teori dan review penelitian sebelumnya, faktor internal dan eksternal pelanggan serta strategi pemasaran Bank Syariah dianggap atau dirasakan oleh pelanggan bahwa faktor tersebut akan mempengaruhi keputusan mereka untuk menjadi nasabah Bank Syariah. Namun, beberapa penelitian sebelumnya pula telah menunjukkan hasil yang tidak konsisten di mana beberapa menyatakan bahwa faktor Agama menjadi alasan utama untuk berurusan dengan Bank Syariah, padahal yang lain menyatakan bahwa Agama tidak berpengaruh terhadap keputusan untuk menjadi nasabah di Bank Syariah.&#xD; Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis sampai sejauh mana faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembentukan minat Etnis Tionghoa terhadap Bank Syariah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan survei. Sumarwan (2011) menjelaskan bahwa survei adalah suatu desain penelitian yang mengumpulkan data dari sejumlah sampel responden yang dipilih dari sebuah populasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah etnis Tionghoa Non Muslim yang belum menjadi nasabah Bank Syariah. Studi ini secara khusus menganalisis variabel persepsi atribut (location, higher return, quality service, Islamic bank&#x2019;s reputation and image, product features, marketing, teknologi), variabel penentu keputusan konsumen (sosial, pribadi, budaya) dan variabel pembentuk minat Etnis Tionghoa Terhadap Bank Syariah dengan pendekatan model AIDA (awareness, interest, desire). Data di analisis menggunakan teknik analisis structural equation model (SEM).&#xD; Fenomena menarik dari penelitian ini adalah Bank Syariah yang menggunakan prinsip Islam dan mengendepankan faktor riba sebagai sesuatu yang dihindari, ternyata calon nasabah Bank Syariah dari etnis Tionghoa non Muslim juga mempertimbangkan faktor riba ini.Etnis Tionghoa Non Muslim berAgama Budha, Kristen, Katholik yang ternyata juga mengenal konsep larangan bunga di kalangan Agama non Muslim .&#xD; Hasil penelitian ini dengan konsep AIDA menemukan bahwa variable penentu keputusan konsumen berpengaruh signifikan terhadap persepsi atribut, awarenes, interest dan desire. Persepsi atribut berpengaruh terhadap awarenes, awarenes berpengaruh signifikan terhadap interest, dan interest berpengaruh signifikan terhadap desire. Hal ini berarti semakin baik variabel penentu keputusan konsumen maka semakin tinggi persepsi calon nasabah terhadap atribut Bank Syariah, kesadaran dan ketertarikan untuk menjadi nasabah Bank Syariah.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/1/11EK-01-Yurita-Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/2/11EK-02-Yurita-Ringkasan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/3/11EK-03-Yurita-Summary.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/4/11EK-04-Yurita-Daftarisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/5/11EK-05-Yurita-Pendahuluan.pdf</identifier><identifier> Sari, Yurita (2015) Analisis faktor-faktor pembentuk minat etnis tionghoa terhadap bank syariah. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor. </identifier><relation>http://elibrary.sb.ipb.ac.id</relation><recordID>2196</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sari, Yurita
title Analisis faktor-faktor pembentuk minat etnis tionghoa terhadap bank syariah
publishDate 2015
topic Manajemen Pemasaran
url http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/1/11EK-01-Yurita-Cover.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/2/11EK-02-Yurita-Ringkasan.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/3/11EK-03-Yurita-Summary.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/4/11EK-04-Yurita-Daftarisi.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/5/11EK-05-Yurita-Pendahuluan.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/2196/
http://elibrary.sb.ipb.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji konsistensi hubungan faktor-faktor pembentuk minat Etnis Tionghoa terhadap Bank Syariah. Menurut teori dan review penelitian sebelumnya, faktor internal dan eksternal pelanggan serta strategi pemasaran Bank Syariah dianggap atau dirasakan oleh pelanggan bahwa faktor tersebut akan mempengaruhi keputusan mereka untuk menjadi nasabah Bank Syariah. Namun, beberapa penelitian sebelumnya pula telah menunjukkan hasil yang tidak konsisten di mana beberapa menyatakan bahwa faktor Agama menjadi alasan utama untuk berurusan dengan Bank Syariah, padahal yang lain menyatakan bahwa Agama tidak berpengaruh terhadap keputusan untuk menjadi nasabah di Bank Syariah. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis sampai sejauh mana faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembentukan minat Etnis Tionghoa terhadap Bank Syariah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan survei. Sumarwan (2011) menjelaskan bahwa survei adalah suatu desain penelitian yang mengumpulkan data dari sejumlah sampel responden yang dipilih dari sebuah populasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah etnis Tionghoa Non Muslim yang belum menjadi nasabah Bank Syariah. Studi ini secara khusus menganalisis variabel persepsi atribut (location, higher return, quality service, Islamic bank’s reputation and image, product features, marketing, teknologi), variabel penentu keputusan konsumen (sosial, pribadi, budaya) dan variabel pembentuk minat Etnis Tionghoa Terhadap Bank Syariah dengan pendekatan model AIDA (awareness, interest, desire). Data di analisis menggunakan teknik analisis structural equation model (SEM). Fenomena menarik dari penelitian ini adalah Bank Syariah yang menggunakan prinsip Islam dan mengendepankan faktor riba sebagai sesuatu yang dihindari, ternyata calon nasabah Bank Syariah dari etnis Tionghoa non Muslim juga mempertimbangkan faktor riba ini.Etnis Tionghoa Non Muslim berAgama Budha, Kristen, Katholik yang ternyata juga mengenal konsep larangan bunga di kalangan Agama non Muslim . Hasil penelitian ini dengan konsep AIDA menemukan bahwa variable penentu keputusan konsumen berpengaruh signifikan terhadap persepsi atribut, awarenes, interest dan desire. Persepsi atribut berpengaruh terhadap awarenes, awarenes berpengaruh signifikan terhadap interest, dan interest berpengaruh signifikan terhadap desire. Hal ini berarti semakin baik variabel penentu keputusan konsumen maka semakin tinggi persepsi calon nasabah terhadap atribut Bank Syariah, kesadaran dan ketertarikan untuk menjadi nasabah Bank Syariah.
id IOS3669.2196
institution Institut Pertanian Bogor
institution_id 20
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Sekolah Bisnis
library_id 692
collection Repositori Sekolah Bisnis IPB
repository_id 3669
subject_area Business/Bisnis
Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
city BOGOR
province JAWA BARAT
repoId IOS3669
first_indexed 2016-11-17T00:05:41Z
last_indexed 2016-11-17T00:05:41Z
recordtype dc
_version_ 1763211594343383040
score 17.538404