Daftar Isi:
  • Perkembangan sektor pengangkutan tidak terlepas dari keberadaan perusahaan jasa pengiriman. Perusahaan jasa pengiriman termasuk salah satu sektor bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan. Jasa pengiriman mempunyai peranan penting dan strategis dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat. PT Anugerah Perdana Mandiri (APM) merupakan salah satu perusahan jasa pengiriman dengan unit bisnis meliputi: jasa pengiriman peralatan perbankan (moving service), jasa pengiriman perabotan rumah, jasa pengepakan (packaging service), dan jasa pergudangan (warehousing service). Jasa pengiriman peralatan perbankan merupakan unit bisnis yang memberikan kontribusi yang paling tinggi terhadap penerimaan perusahaan. Kondisi persaingan yang semakin ketat pada jasa pengiriman peralatan kantor saat ini membuat profit yang diterima oleh perusahaan semakin menurun. Perusahaan perlu mengantisipasi dan mengatasi keadaan tersebut agar bisa bertahan pada bisnis jasa pengiriman barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor strategis eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan bisnis PT Anugerah Perdana Mandiri dan merumuskan strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan dan mencapai target dan tujuan perusahaan. Analisis faktor strategis internal menunjukkan bahwa pelayanan prima yang diberikan kepada pelanggan, reputasi perusahaan yang baik dimata pelanggan, dan jaringan pendukung proses bisnis perusahaan yang luas merupakan tiga faktor kekuatan yang paling penting bagi perusahaan. sementara itu, belum mempunyai SDM untuk menangani pemasaran produk, gudang belum sesuai dengan kebutuhan, kemampuan perusahaan dalam berinovasi masih rendah merupakan tiga faktor kelemahan yang paling penting untuk diperhatikan. Evaluasi terhadap terhadap faktor-faktor strategis internal menggunakan matriks EFI menunjukkan bahwa PT Anugerah Perdana Mandiri mempunyai kondisi internal yang memiliki nilai rata-rata sama dengan kondisi persaingan jasa pengiriman peralatan perbankan saat ini. Analisis faktor strategis eksternal menunjukkan bahwa pengiriman barang perkantoran sebagian besar dilakukan oleh pihak ketiga (outsourcing), meningkatnya ekspansi jaringan perbankan di Indonesia, dan teknologi dan sistem informasi yang berkembang dengan dinamis untuk mendukung kegiatan perusahaan merupakan tiga peluang yang paling penting. Sementara itu, tingkat persaingan diantara perusahaan sejenis, daya tawar pembeli yang tinggi, dan biaya tambahan akibat pungutan liar merupakan tiga faktor ancaman yang paling penting bagi perusahaan. evaluasi terhadap faktor strategis eksternal menggunakan matriks EFE menunjukkan bahwa PT Anugerah Perdana Mandiri mempunyai respon yang cukup baik dalam memanfaatkan peluang dan menetralisir ancaman yang ada. Kondisi faktor strategis eksternal dan internal diatas memposisikan PT Anugerah Perdana Mandiri pada posisi rata-rata pada Matriks Internal-Eksternal sehingga perlu dilakukan perumusan strategi yang tepat dan efektif agar perusahaan dapat menghadapi persaingan yang ada dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh. Posisi perusahaan yang berada pada sel V paling baik dikendalikan dengan strategi mempertahankan dan menjaga, dengan strategi yang yang umum untuk dilaukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Selain itu, untuk meningkatkan kesuksesan perusahaan di pasar maka dilakukan juga pembentukan strategi lainnya menggunakan Matriks SWOT. Hasil dari perumusan strategi menggunakan Matriks SWOT diperoleh strategi berupa meningkatkan efesiensi biaya operasional, meningkatkan efesiensi biaya operasional, meningkatkan kualitas pelayan melalui penerapan pelayanan prima, meningkatkan kerja sama dengan perusahaan yang berpotensial, membangun struktur organisasi yang profesional, dan meningkatkan sarana transportasi dan kapasitas gudang. Agar strategi yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan perencanaan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan melalui pembentukan jadwal dan alokasi anggaran yang diperlukan sehingga tujuan yang ingin dicapai perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.