Daftar Isi:
  • PT. Beton Jaya Readymix merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis beton. Perusahaan berdiri pada tahun 1986. Perusahaan mempunyai beberapa line bisnis, diantaranya precast dan readymix. Pada tahun 2002, perusahaan melepaskan diri dari holding PT. Beton Jaya Readymix dan menjadi perusahaan swasta serta menambah line bisnis di bidang equipment dan trading. Pendapatan perusahaan terbesar di dapat dari penjualan readymix, atau hampir 60% dari jumlah pendapatan perusahaan. Saat ini, unit bisnis readymix PT. Beton Jaya Readymix fokus mengerjakan permintaan pasar untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung. karena tingginya volume permintaan dan produsen readymix yang masih sedikit untuk wilayah DKI Jakarta, perusahaan yakin industri readymix untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung masih memiki potensial pasar yang tinggi untuk beberapa tahun mendatang. Namun, perusahaan berkeinginan untuk mengembangkan bisnisnya, dengan melihat potensi pasar industri insfrakstuktur yang baik di dukung oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik berdampak pada pasar industri readymix terus tumbuh maka perusahaan berkeinginan untuk memanfaatkan potensi pasar yang bagus serta kemampuan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan pada tahun-tahun mendatang demi meningkatkan pendapatan perusahaan yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi internal dan eksternal PT. Beton Jaya Readymix untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang industri readymix, menentukan dan menyusun tujuan dan sasaran strategik readymix tahun 2014-2018 PT. Beton Jaya Readymix untuk mencapai strategi jangka panjang, rekomendasi implikasi Manajerial unit bisnis readymix PT. Beton Jaya Readymix 2014-2018 dengan menggunakan analisa internal dan analisa eksternal dan IE matriks. Hasil penelitian menunjukan nilai total IFE 2,784 dan nilai toal EFE 2.684 dan IE matriks berada di kuadran V. Maka strategi yang akan diambil perusahaan adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar.