Daftar Isi:
  • PT. Pudjiadi and Sons Tbk yang didirikan pada tahun 1970 merupakan Holding Company yang bergerak pada bisnis perhotelan. Hotel yang berada dibawah langsung pengelolaan PT. Pudjiadi and Sons Tbk bernama The Jayakarta Hotel and Resorts. Peningkatan bisnis dan mobilitas pelanggan maka berdampak pada pertumbuhan positif pendapatan perusahaan. Pertumbuhan pendapatan usaha perusahaan yang berada dalam angka positif tidak berarti perusahaan terus menerus berada dalam zona aman persaingan di dalam industri perhotelan. Persaingan di industri perhotelan yang cukup ketat tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis perhotelan. Oleh karena itu perusahaan Holding Company seperti PT. Pudjiadi and Sons Tbk memerlukan analisis perencanaan strategis yang didalamnya terkait pula dengan arsitektur strategik sehingga perencanaan yang dibuat diharapkan dapat mengorganisasi dan mengembangkan unit-unit bisnis yang dimiliki PT. Pudjiadi and Sons Tbk di tengah padatnya persaingan industri perhotelan. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu menganalisis visi dan misi PT. Pudjiadi and Sons Tbk serta melakukan penyesuaian terkait dengan perencanaan strategik perusahaan dan merumuskan perencanaan strategik PT. Pudjiadi and Sons Tbk dalam rangka mengembangkan kemajuan perusahaan serta dalam menghadapi intensitas persaingan yang ketat. Penelitian ini menunjukkan bahwa visi dan misi yang sesuai dengan perusahaan adalah “Menjadi perusahaan perhotelan Indonesia dengan skala global, yang tumbuh secara berkesinambungan untuk memberi manfaat bagi stakeholder dengan mengacu pada nilai-nilai luhur budaya bangsa”. Misi yang diusulkan adalah menjadi yang terbaik di hospitality industry dengan memberikan pelayanan dan produk yang excellent kepada pelanggan; mengutamakan sikap positif dan kinerja yang baik dalam tata kelola perusahaan yang berorientasi pada keuntungan dan manfaat yang optimal bagi stakeholder dan shareholder; tumbuh dan berkembang dengan inovasi dan kreasi yang terus menerus; menjunjung tinggi dan melaksanakan “core value” (nilai falsafah) perusahaan dan nilai-nilai luhur budaya bangsa; bertanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Perencanaan strategik PT. Pudjiadi and Sons Tbk yaitu tetap fokus untuk berada pada core business perhotelan dengan skala global/lebih luas cakupan pelayanannya untuk mendapatkan segmen pasar hospitality industry yang lebih besar. Untuk itu PT. Pudjiadi and Sons Tbk juga akan memperkuat lini teknologi informasi dan komunikasi, lini sumber daya manusia serta pengembangan produk usaha seperti pendirian sekolah perhotelan, pembangunan mall & conference center, dan taman hiburan. Perusahaan kedepannya akan lebih intens menjual jasa operator hotel. Hal ini dirasa sangat efisien dan menguntungkan bagi perusahaan kedepan disebabkan oleh harga tanah yang selalu meningkat dari waktu ke waktu.