Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk
ctrlnum |
1312 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/</relation><title>Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk</title><creator>Mulya Hidayat MJD, Asep</creator><subject>Manajemen Strategi</subject><description>
RINGKASAN EKSEKUTIf 


ASEP MULYA HIDAYAT MjD, 2002. Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk. 
Dibawah bimbingan BUNASOR SANIM dan ANNY RATNAWATI 

Selama tahun 1992, industri tekstil di Indonesia tidak memperlihatkan 
perkembangan seperti yang diharapkan. Tampaknya banyak masalah yang 
dihadapi oleh sektor industri ini, termasuk faktor ekstem, terutama lemahnya 
pertumbuhan ekonomi baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga sangat 
mempengaruhi pertumbuhan pasar. Padahal di lain pihak, industri tekstil di 
Indonesia sedang mengalami pertumbuhan dan banyak pabrik yang baru mulai 
beroperasi setelah berhasil dibangun semasa sumber dana perbankan lancar yaitu 
tahun 1988 sampai 1990. 

Tidak sedikit pabrik tekstil yang mengeluh, bahwa pasaran tekstil dan 
produk tekstil cukup berat. Pasca tragedi WTC di Amerika Serikat yang 
menyebabkan krisis global dan Krisis moneter yang berkepanjangan telah 
membuat hampir semua sektor industri Indonesia kian terpuruk. Dilain pihak , 
yang masih menggembirakan adalah tetap meningkatnya ekspor tekstil dan 
produk tekstil. Ekspor Tekstil Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tajam, 
yaitu sekitar 32,06 persen pada tahun 1998 dibandingkan tahun sebelumnya, 
walaupun di tahun 1999 mengalami penurunan sebesar '11 persen, namun pada 
tahun 2000 kembali mengalami peningkatan sebesar 0.055 % menjadi 

1.775.132.074 meter atau US$ 8.377.396.706. 
PT Unitex Tbk merupakan salah satu produsen tekstil yang bekerja sama 
dengan pill& Jepang. PT Unitex Tbk yang memproduksi tekstil jenis Yarn 
Dyed/Piece Dyed. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia sejak bulan juni 
1997 sampai saat ini nampaknya membawa dampak pada segala sektor industri. 
Industri tekstil yang merupakan salah satu sektor industri yang memberikan nilai 
devisa yang cukup significan bagi Indonesia perlu dipertahankan. Dengan adanya 
perkembangan dunia usaha dan era perdagangan bebas, perusahaan dituntut untuk 
dapat survive ditengah persaingan yang ketat, oleh sebab itu perlu di susun 
formulasi strategi yang baik sehingga mampu meningkatkan daya saing dan 
memberikan ltemampulabaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. 

Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam 
penelitian ini adalah: 1) Sejauh mana faktor-faktor ekstemal dan intemal 
mempengaruhi posisi bersaing perusahaan dalam industri tekstil di Indonesia, 2) 
Strategi apakah yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan dengan kondisi 
lingkungan yang ada saat ini dan 3) Altematif strategi apa yang sebaiknya 
diterapkan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan industri. Sesuai 
dengan penunusan masalah diatas, maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah 
untuk membuat formulasi strategi yang tepat bagi PT. Unitex Tbk dengan cara: 1) 
Mengindentifikasi serta menganalisis faktor-faktor ekstemal dan intemal yang 
mempengaruhi posisi bersaing PT. Unitex Tbk dalam industri tekstil di Indonesia 
2) Memformulasikan strategi yang dapat diterapkan PT. Unitex Tbk dalam 
persaingan industri tekstil di Indonesia 3) Merekomendasikan strategi dan 
altematif strategi bagi PT. Unitex Tbk. Hasil penelitian ini diharapkan dapat 

�
memberikan masukan bagi perusahaan dan menjadi bahan pertimbangan dalam 
perencanaan, penetapan strategi dan kebijakan yang berkaitan dengan 
pengembangan perusahaan, sebagai wahana bagi penulis dalam mengaplikasikan 
teori yang telah diperoleh secara obyektif di dalam bisnis nyata dan berkaitan 
dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ,penelitian ini 
diharapkan dapat digunakan sebagai bahan dasar benchmark data bagi penelitian 
sejenis. 

Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk 
studi kasus untuk menjawab masalah yang dihadapi perusahaan dan strategi bisnis 
yang dilakukannya. Pemilihan metode ini bertujuan untuk memperoleh gambaran 
yang mendalam mengenai obyek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan dua 
jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen untuk pengumpulan 
data primer diperoleh dari pengamatan langsung (observasi langsung), wawancara 
dan pengisian kuesioner. Instrumen untuk pengumpulan data sekunder diperoleh 
dari studi pustaka. 

Tahapan dalam analisis data dijelaskan sebagai berikut 1) 

Mendeskripsikan visi, misi dan tujuan PT. Unitex Tbk. 2) Melakukan analisis 

lingkungan ekstemal makro untuk mengetahui faktor strategis yang dapat 

mempengaruhi lingkungan industi dan lingkungan internal perusahaan dan 

strategi bisnis yang telah dilakukan saat ini. Analisis makro dilakukan dengan 

mengkaji faktor politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi. 3) Melakukan 

analisis lingkungan ekstemal mikro (industri) untuk menentukan tingkat 

persaingan dalam lingkungan lndustri dimana perusahaan berada. Analisis industi 

tersebut akan dilakukan dengan mengkaji lima kekuatan industri menurut Porter 

(1980). Kelima kekuatan yang membentuk sXruktur persaingan dalam industi 

kemudian akan disajikan dengan tabel. Pengolahan data dilakukan dengan telcnik 

Delphi untuk mengetahui bobot dari setiap faktor strategis. 4) Melakukan analisis 

intemal organisasi pada kegiatan perusahaan dan fomulasi bisnis yang dilakukan 

saat ini. 5) Menyusun Formulasi Strategi perusahaan berdasarkan analisis 

ekstemal dan intemal perusahaan dengan menggunakan Analisis Intemal-

Ekstemal Matik dan Analisis SWOT. 

PT Unitex Tbk mempunyai Visi menjadi perusahaan besar yang 

menghasilkan kain kemeja pilihan, ha1 ini tergambar dari lambang perusahaan 

yaitu seekor kucing menggunakan topi dan dasi gaya orang borjuis eropa. 

Perusahaan ingin menghasilkan kain yang sangat lembut dan halus dengan 

kualitas bagus seperti yang digunakan orang-orang bo rjuis Eropa pada saat itu 

Misi perusahaan adalah mendukung pemerintah untuk meningkatkan 

ekspor komoditi non-migas, memiiiki jaringan distibusi dan pemasaran yang 

sangat luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri, memenuhi tuntutan pasar 

dalam kualitas, pelayanan, pengiriman yang tepat waktu, harga yang kompetitif 

dam produktifitas yang tinggi. Dengan demikian hasil yang terbaik bisa di 

berikan kepada stake holder meliputi pemegang saham, karyawan, pelanggan, 

pemasok, dan masyarakat serta peduli terhadap lingkungan. Perusahaan 

memasarkan produknya dengan orientasi pasar dan konsumen. Persaingan yang 

semakin ketat yang tejadi beberapa tahun terakhir dalam industri ini telah 

memacu pemsahaan untuk memaksimalkan penjualan dengan memperluas daerah 

pemasaran dan meningkatkan penjualan barang yang bermutu tinggi dan dengan 

margin laba yang lebih menguntungkan. 

�
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan kepada pihak manajemen dan 
expert maka diperoleh gambaran tingkat persaingan industri tekstil yang di hadapi 
PT. Unitex Tbk dikategorikan sedang dengan skor 3.29. Pengamh besar terhadap 
persaingan di lingkungan indushi disebabkan oleh persaingan antara industri, 
kekuatan tawar menawar pembeli dan pemasok. 

Hasil analisis intemal perusahaan: Kekuatan: citra perusahaan yang baik, 
sumberdaya manusia yang berkualitas, didukung oleh pemegang saham yang 
lcompeten, kualitas produk yang bagus dan pengiriman tepat waktu, pelopor dan 
ahli dalam pembuatan Shakisome dan mau dan mampu mengerjakan order yang 
sulit. Sedangkan yang menjadi Kelemahan perusahaan mesin-mesin rata-rata 
sudah tua, jumlah karyawan yang terlalu banyak dan kondisi keuangan yang 
lemah. Berdasarkan hasil analisis ekstemal perusahaan maka didapat beberapa ha1 
yang menjadi Peluang dan ancaman. Beberapa ha1 yang menjadi peluang bagi 
perusahaan yaitu masuk ke pasar non kuota, adanya AFTA, NAFTA, Free Trade, 
budaya masyarakat dan perkembangan mode yang terjadi di dunia/masyarakat. 
Sedangkan yang menjadi ancaman bagi perusahaan adalah pengadaan bahan baku, 
pen~bahan nilai tukar yang tidak stabil, kebijakan pemerintah, persaingan dan 
resesi global. 

Beberapa altematif strategi perusahaan yang dapat disusun berdasarkan 

kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, adalah sebagai berikut : 

Aliansi strategis, penetrasi pasar, unggul mutu dan pengembangan produk, unggul 

biaya, unggul kualitas SDM dan unggul teknologi. 

Total score untuk analisis ekstemal (EFE) adalah 3.41 mengindikasikan 

bahwa PT. Unitex Tbk memberikan respon yang cukup baik terhadap lingkungan 

ekstemal dan kondisi ekstemal perusahaan secara keseluruhan berada diatas rata- 

rata dalam usaha memanfaatkan peluang-peluang dan menghindari ancaman -

ancaman yang mungkin timbul. 

Pada analisis intemal (IFE) diperoleh total score 3.539 perusahaan 

mempunyai kondisi intemal yang relatif kuat (sedang), perusahaan memiliki 

cukup kekuatan untuk memanfaatkan kelebihannya untuk mengatasi 

kelemahannya. Pemetaan kedua matriks itu tersebut kedalam matriks IE 

menghasilkan posisi bagi PT. Unitex Tbk di kuadran V yang artinya strategi 

perusahaan yang bisa dilakukan adalah Hold and maintain dan strategi umuni 

yang biasa digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk 

Beberapa altematif strategi yang di rekomendasikan bagi PT. Unitex Tbk 

adalah : 1)Aliansi strategis dengan perusahaan lokal dan perusahaan di negara-

negara tetangga, khususnya melalui peningkatan kerjasama intemasional. 2) 

Mengalihkan ekspor ke negara-negara yang selama ini bukan merupakan pasar 

utama, seperti, Timur Tengah, Afrika Selatan, dan Arnerika Latin. 3) Terus 

menerus memperbaiki produknya dan mempromosikan item-item buatan 4) 

Perusahaan hams lebih meningkatkan kembali pelatihan-pelatihan untuk 

meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan baik dalam bidang manajemen dan teknologi. 


�
</description><date>2002</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/1/R19-01-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/2/R19-01b-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-CLembar_Pengesahan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/3/R19-02-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Abstract.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/4/R19-03-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Ringkasan_Eksekutif.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/5/R19-04-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Daftar_Isi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/6/R19-05-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Pendahuluan.pdf</identifier><identifier> Mulya Hidayat MJD, Asep (2002) Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk. Masters thesis, IPB. </identifier><relation>http://elibrary.mb.ipb.ac.id</relation><recordID>1312</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Mulya Hidayat MJD, Asep |
title |
Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk |
publishDate |
2002 |
topic |
Manajemen Strategi |
url |
http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/1/R19-01-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Cover.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/2/R19-01b-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-CLembar_Pengesahan.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/3/R19-02-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Abstract.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/4/R19-03-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Ringkasan_Eksekutif.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/5/R19-04-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Daftar_Isi.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/6/R19-05-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Pendahuluan.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1312/ http://elibrary.mb.ipb.ac.id |
contents |
RINGKASAN EKSEKUTIf
ASEP MULYA HIDAYAT MjD, 2002. Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk.
Dibawah bimbingan BUNASOR SANIM dan ANNY RATNAWATI
Selama tahun 1992, industri tekstil di Indonesia tidak memperlihatkan
perkembangan seperti yang diharapkan. Tampaknya banyak masalah yang
dihadapi oleh sektor industri ini, termasuk faktor ekstem, terutama lemahnya
pertumbuhan ekonomi baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga sangat
mempengaruhi pertumbuhan pasar. Padahal di lain pihak, industri tekstil di
Indonesia sedang mengalami pertumbuhan dan banyak pabrik yang baru mulai
beroperasi setelah berhasil dibangun semasa sumber dana perbankan lancar yaitu
tahun 1988 sampai 1990.
Tidak sedikit pabrik tekstil yang mengeluh, bahwa pasaran tekstil dan
produk tekstil cukup berat. Pasca tragedi WTC di Amerika Serikat yang
menyebabkan krisis global dan Krisis moneter yang berkepanjangan telah
membuat hampir semua sektor industri Indonesia kian terpuruk. Dilain pihak ,
yang masih menggembirakan adalah tetap meningkatnya ekspor tekstil dan
produk tekstil. Ekspor Tekstil Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tajam,
yaitu sekitar 32,06 persen pada tahun 1998 dibandingkan tahun sebelumnya,
walaupun di tahun 1999 mengalami penurunan sebesar '11 persen, namun pada
tahun 2000 kembali mengalami peningkatan sebesar 0.055 % menjadi
1.775.132.074 meter atau US$ 8.377.396.706.
PT Unitex Tbk merupakan salah satu produsen tekstil yang bekerja sama
dengan pill& Jepang. PT Unitex Tbk yang memproduksi tekstil jenis Yarn
Dyed/Piece Dyed. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia sejak bulan juni
1997 sampai saat ini nampaknya membawa dampak pada segala sektor industri.
Industri tekstil yang merupakan salah satu sektor industri yang memberikan nilai
devisa yang cukup significan bagi Indonesia perlu dipertahankan. Dengan adanya
perkembangan dunia usaha dan era perdagangan bebas, perusahaan dituntut untuk
dapat survive ditengah persaingan yang ketat, oleh sebab itu perlu di susun
formulasi strategi yang baik sehingga mampu meningkatkan daya saing dan
memberikan ltemampulabaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.
Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam
penelitian ini adalah: 1) Sejauh mana faktor-faktor ekstemal dan intemal
mempengaruhi posisi bersaing perusahaan dalam industri tekstil di Indonesia, 2)
Strategi apakah yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan dengan kondisi
lingkungan yang ada saat ini dan 3) Altematif strategi apa yang sebaiknya
diterapkan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan industri. Sesuai
dengan penunusan masalah diatas, maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah
untuk membuat formulasi strategi yang tepat bagi PT. Unitex Tbk dengan cara: 1)
Mengindentifikasi serta menganalisis faktor-faktor ekstemal dan intemal yang
mempengaruhi posisi bersaing PT. Unitex Tbk dalam industri tekstil di Indonesia
2) Memformulasikan strategi yang dapat diterapkan PT. Unitex Tbk dalam
persaingan industri tekstil di Indonesia 3) Merekomendasikan strategi dan
altematif strategi bagi PT. Unitex Tbk. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
�
memberikan masukan bagi perusahaan dan menjadi bahan pertimbangan dalam
perencanaan, penetapan strategi dan kebijakan yang berkaitan dengan
pengembangan perusahaan, sebagai wahana bagi penulis dalam mengaplikasikan
teori yang telah diperoleh secara obyektif di dalam bisnis nyata dan berkaitan
dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ,penelitian ini
diharapkan dapat digunakan sebagai bahan dasar benchmark data bagi penelitian
sejenis.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk
studi kasus untuk menjawab masalah yang dihadapi perusahaan dan strategi bisnis
yang dilakukannya. Pemilihan metode ini bertujuan untuk memperoleh gambaran
yang mendalam mengenai obyek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan dua
jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen untuk pengumpulan
data primer diperoleh dari pengamatan langsung (observasi langsung), wawancara
dan pengisian kuesioner. Instrumen untuk pengumpulan data sekunder diperoleh
dari studi pustaka.
Tahapan dalam analisis data dijelaskan sebagai berikut 1)
Mendeskripsikan visi, misi dan tujuan PT. Unitex Tbk. 2) Melakukan analisis
lingkungan ekstemal makro untuk mengetahui faktor strategis yang dapat
mempengaruhi lingkungan industi dan lingkungan internal perusahaan dan
strategi bisnis yang telah dilakukan saat ini. Analisis makro dilakukan dengan
mengkaji faktor politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi. 3) Melakukan
analisis lingkungan ekstemal mikro (industri) untuk menentukan tingkat
persaingan dalam lingkungan lndustri dimana perusahaan berada. Analisis industi
tersebut akan dilakukan dengan mengkaji lima kekuatan industri menurut Porter
(1980). Kelima kekuatan yang membentuk sXruktur persaingan dalam industi
kemudian akan disajikan dengan tabel. Pengolahan data dilakukan dengan telcnik
Delphi untuk mengetahui bobot dari setiap faktor strategis. 4) Melakukan analisis
intemal organisasi pada kegiatan perusahaan dan fomulasi bisnis yang dilakukan
saat ini. 5) Menyusun Formulasi Strategi perusahaan berdasarkan analisis
ekstemal dan intemal perusahaan dengan menggunakan Analisis Intemal-
Ekstemal Matik dan Analisis SWOT.
PT Unitex Tbk mempunyai Visi menjadi perusahaan besar yang
menghasilkan kain kemeja pilihan, ha1 ini tergambar dari lambang perusahaan
yaitu seekor kucing menggunakan topi dan dasi gaya orang borjuis eropa.
Perusahaan ingin menghasilkan kain yang sangat lembut dan halus dengan
kualitas bagus seperti yang digunakan orang-orang bo rjuis Eropa pada saat itu
Misi perusahaan adalah mendukung pemerintah untuk meningkatkan
ekspor komoditi non-migas, memiiiki jaringan distibusi dan pemasaran yang
sangat luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri, memenuhi tuntutan pasar
dalam kualitas, pelayanan, pengiriman yang tepat waktu, harga yang kompetitif
dam produktifitas yang tinggi. Dengan demikian hasil yang terbaik bisa di
berikan kepada stake holder meliputi pemegang saham, karyawan, pelanggan,
pemasok, dan masyarakat serta peduli terhadap lingkungan. Perusahaan
memasarkan produknya dengan orientasi pasar dan konsumen. Persaingan yang
semakin ketat yang tejadi beberapa tahun terakhir dalam industri ini telah
memacu pemsahaan untuk memaksimalkan penjualan dengan memperluas daerah
pemasaran dan meningkatkan penjualan barang yang bermutu tinggi dan dengan
margin laba yang lebih menguntungkan.
�
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan kepada pihak manajemen dan
expert maka diperoleh gambaran tingkat persaingan industri tekstil yang di hadapi
PT. Unitex Tbk dikategorikan sedang dengan skor 3.29. Pengamh besar terhadap
persaingan di lingkungan indushi disebabkan oleh persaingan antara industri,
kekuatan tawar menawar pembeli dan pemasok.
Hasil analisis intemal perusahaan: Kekuatan: citra perusahaan yang baik,
sumberdaya manusia yang berkualitas, didukung oleh pemegang saham yang
lcompeten, kualitas produk yang bagus dan pengiriman tepat waktu, pelopor dan
ahli dalam pembuatan Shakisome dan mau dan mampu mengerjakan order yang
sulit. Sedangkan yang menjadi Kelemahan perusahaan mesin-mesin rata-rata
sudah tua, jumlah karyawan yang terlalu banyak dan kondisi keuangan yang
lemah. Berdasarkan hasil analisis ekstemal perusahaan maka didapat beberapa ha1
yang menjadi Peluang dan ancaman. Beberapa ha1 yang menjadi peluang bagi
perusahaan yaitu masuk ke pasar non kuota, adanya AFTA, NAFTA, Free Trade,
budaya masyarakat dan perkembangan mode yang terjadi di dunia/masyarakat.
Sedangkan yang menjadi ancaman bagi perusahaan adalah pengadaan bahan baku,
pen~bahan nilai tukar yang tidak stabil, kebijakan pemerintah, persaingan dan
resesi global.
Beberapa altematif strategi perusahaan yang dapat disusun berdasarkan
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, adalah sebagai berikut :
Aliansi strategis, penetrasi pasar, unggul mutu dan pengembangan produk, unggul
biaya, unggul kualitas SDM dan unggul teknologi.
Total score untuk analisis ekstemal (EFE) adalah 3.41 mengindikasikan
bahwa PT. Unitex Tbk memberikan respon yang cukup baik terhadap lingkungan
ekstemal dan kondisi ekstemal perusahaan secara keseluruhan berada diatas rata-
rata dalam usaha memanfaatkan peluang-peluang dan menghindari ancaman -
ancaman yang mungkin timbul.
Pada analisis intemal (IFE) diperoleh total score 3.539 perusahaan
mempunyai kondisi intemal yang relatif kuat (sedang), perusahaan memiliki
cukup kekuatan untuk memanfaatkan kelebihannya untuk mengatasi
kelemahannya. Pemetaan kedua matriks itu tersebut kedalam matriks IE
menghasilkan posisi bagi PT. Unitex Tbk di kuadran V yang artinya strategi
perusahaan yang bisa dilakukan adalah Hold and maintain dan strategi umuni
yang biasa digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk
Beberapa altematif strategi yang di rekomendasikan bagi PT. Unitex Tbk
adalah : 1)Aliansi strategis dengan perusahaan lokal dan perusahaan di negara-
negara tetangga, khususnya melalui peningkatan kerjasama intemasional. 2)
Mengalihkan ekspor ke negara-negara yang selama ini bukan merupakan pasar
utama, seperti, Timur Tengah, Afrika Selatan, dan Arnerika Latin. 3) Terus
menerus memperbaiki produknya dan mempromosikan item-item buatan 4)
Perusahaan hams lebih meningkatkan kembali pelatihan-pelatihan untuk
meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan baik dalam bidang manajemen dan teknologi.
�
|
id |
IOS3669.1312 |
institution |
Institut Pertanian Bogor |
institution_id |
20 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Sekolah Bisnis |
library_id |
692 |
collection |
Repositori Sekolah Bisnis IPB |
repository_id |
3669 |
subject_area |
Business/Bisnis Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
city |
BOGOR |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3669 |
first_indexed |
2016-11-17T00:05:28Z |
last_indexed |
2016-11-17T00:05:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763211583802048512 |
score |
17.538404 |