Strategi Distribusi Produk Nata De Coco CV. Citra Pangan Mandiri Bogor
Main Author: | Rosadi, Riza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1998
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/1/R12-01-Riza_Rosadi-cover.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/2/R12-02-Riza_Rosadi-RE.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/3/R12-03-Riza_Rosadi-DaIsi.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/4/R12-04-Riza_Rosadi-Bab1.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/5/R12-05-Riza_Rosadi-Bab2DST.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/ http://elibrary.mb.ipb.ac.id/ |
ctrlnum |
1046 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/</relation><title>Strategi Distribusi Produk Nata De Coco CV. Citra Pangan Mandiri Bogor
</title><creator>Rosadi, Riza</creator><subject>Manajemen Pemasaran</subject><description>CV. Citra Pangan Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak dalam industri nata de coco. Perusahaan ini memproduksi nata de
coco dalam kemasan dengan merek 'Tacoco” dan 'Wicoco". Sebagai
perusahaan yang baru tumbuh dan berkembang, CV. Citra Pangan Mandiri
menghadapi kendala utama dalam hal pemasaran. Kondisi ini terlihat dari
seringnya terjadi penumpukan persediaan barang jadi produk nata de coco
dalam kemasan sebagai akibat kemampuan bauran pemasaran produk yang
masih terbatas.
Di antara bauran pemasaran (produk, promosi, distribusi dan harga)
yang dimiliki CV. Citra Pangan Mandiri, permasalahan yang paling
menonjol adalah masih lemahnya kemampuan distribusi yang dimiliki
perusahaan yang terlihat dari banyaknya permintaan produk nata de coco
yang tidak dapat dilayani walaupun produk tersedia di perusahaan.
Berdasarkan kenyataan itu maka dirumuskan masalah : (1)
Penerapan strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan selama ini belum
optimal (2) Tidak diperhatikannya faktor-faktor penting yang
mempengaruhi efektifitas distribusi produk nata de coco. (3) Belum
diterapkannya strategi distribusi perusahaan yang dapat meningkatkan
penjualan produk nata de coco. Geladikarya ini bertujuan (1) Mengkaji
strategi pemasaran produk nata de coco yang dijalankan perusahaan selama
ini, (2) Mengkaji faktor-faktor penting yang mempengaruhi efektifitas
strategi distribusi produk nata de coco, (3) Memformulasikan strategi dan
langkah alternatif program distribusi yang dapat dijalankan perusahaan
sehingga dapat menunjang peningkatan pendapatan perusahaan.
Penelitian dilakukan di CV. Citra Pangan Mandiri Darmaga Bogor
mulai bulan Januari 1998 sampai dengan Pebruari 1998. Metodologi
penelitian adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri dari data
kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari sumber eksternal
dan internal perusahaan.
Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah Purposive
Samples, yakni pengambilan unsur sampel atas dasar tujuan tertentu
sehingga memenuhi keinginan dan kepentingan peneliti. Data yang
diperlukan dalam penelitian dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu :
observasi di perusahaan, wawancara dengan pihak manajemen, wawancara
dan penyebaran kuisioner kepada sampel penyalur terpilih dan studi
pustaka.
Data yang telah dikumpulkan, diolah, dan dianalisis dengan
menggunakan berbagai alat analisis. Dengan mempertimbangkan
ketersediaan data dan informasi yang ada, maka alat analisis yang
digunakan adalah : (1) Analisis Industri untuk melihat kondisi eksternal
perusahaan, (2) Rantai Nilai (value chain) untuk menilai kondisi internal
perusahaan, (3) Analisis Strategi Pemasaran, (4) Metode Nilai Faktor
Tertimbang (weighted factor score method) untuk mengetahui strategi
saluran distribusi terbaik.
Hasil analisis lingkungan usaha yang dilakukan diketahui bahwa
perusahaan sekarang berada pada industri tahap pertumbuhan. Setiap
perusahaan yang berada dalam industri yang sedang mengalami
pertumbuhan harus menerapkan strategi yang berusaha meningkatkan
pangsa pasar seluas-luasnya.
Strategi segmentasi berdasarkan wilayah geografi yang ditempuh
saat ini lebih cocok pada industri yang sedang dalam tahap awal
pertumbuhan sedangkan untuk tahap pertumbuhan yang pesat maka
segmentasi berdasarkan demografi dengan mempertimbangkan tingkat
pendapatan pasar sasaran adalah lebih tepat Pemilihan segmen pasar
masyarakat kelas menengah ke bawah adalah tepat mengingat sebagian
besar anggota masyarakat Indonesia termasuk golongan ini. Upaya
memposisikan produk nata de coco yang dihasilkannya sebagai minuman
sehat dan segar yang dapat dinikmati dalam setiap kondisi perlu didukung
upaya pengenalan dan promosi yang gencar kepada masyarakat luas.
Mengamati apa yang telah dilakukan oleh CV. Citra Pangan Mandiri
dalam menciptakan dan mengembangkan bauran pemasaran maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran yang dijalankan
perusahaan masih harus ditingkatkan. Dalam hal produk, perusahaan harus
dapat mempertahankan kualitas produk yang ada bahkan terus
ditingkatkan. Perusahaan perlu melakukan pengembangan produk melalui
perpanjangan dan perluasan lini produk.
Kebijakan harga yang selama ini telah dilakukan CV. Citra Pangan
Mandiri perlu dikembangkan. Strategi diskriminasi harga dapat diperluas
karena perbedaan wilayah dan tingkat pendapatan. Promosi yang ada perlu
terus ditingkatkan untuk menghasilkan loyalitas pelanggan melalui
pemasaran langsung dan potongan harga. Strategi distribusi yang ada perlu
dirancang ulang dengan lebih baik.
Strategi distibusi intensif yang dipilih oleh CV. Citra Pangan
Mandiri adalah tepat mengingat produk nata de coco adalah convenience goods
yang dalam pemasarannya harus sebanyak mungkin menggunakan
penyalur. Namun pelaksanaan kebijakan distibusi intensif ini perlu
didukung dengan berbagai kebijakan lainnya.
Sebelum menentukan saluran distribusi yang digunakan, setiap
perusahaan harus mengetahui beberapa hal seperti karakteristik konsumen
yang menjadi sasaran, baik dari segi potensi dan jumlah serta besarnya
kekuatan daya beli konsumen, letak geografisnya apakah mudah terjangkau
dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan saat ini. Dalam memilih
saluran distribusi yang akan digunakan, CV. Citra Pangan Mandiri juga
perlu memperhatikan jenis barang yang dipasarkan. Perlu dilakukan seleksi
secara lebih ketat terhadap saluran distribusi yang selama ini digunakan.
Perlu diketahui juga bagaimana tingkat persaingan yang ada untuk produk
yang dipasarkan, bagaimana kemampuan pasar untuk tumbuh dan
berkembang di masa yang akan datang dan lain sebagainya. Dan yang tidak
kalah pentingnya adalah perlunya diperhatikan besarnya alokasi dana yang
dibutuhkan dalam mendukung strategi distribusi apakah mencukupi.
Upaya untuk menjalankan strategi pemasaran, khususnya strategi
distribusi yang lebih baik tidaklah dapat dijalankan oleh CV. Citra Pangan
Mandiri jika tidak ada komitmen yang tinggi dari pimpinan dan para
karyawan. Juga tidak akan berhasil dengan baik jika tidak didukung dengan
alokasi dana yang lebih besar. Untuk itu alokasi dana pemasaran harus terus
ditingkatkan sebab selama ini masih sangat kecil.
</description><date>1998</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/1/R12-01-Riza_Rosadi-cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/2/R12-02-Riza_Rosadi-RE.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/3/R12-03-Riza_Rosadi-DaIsi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/4/R12-04-Riza_Rosadi-Bab1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/5/R12-05-Riza_Rosadi-Bab2DST.pdf</identifier><identifier> Rosadi, Riza (1998) Strategi Distribusi Produk Nata De Coco CV. Citra Pangan Mandiri Bogor. Masters thesis, IPB. </identifier><relation>http://elibrary.mb.ipb.ac.id/</relation><recordID>1046</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Rosadi, Riza |
title |
Strategi Distribusi Produk Nata De Coco CV. Citra Pangan Mandiri Bogor |
publishDate |
1998 |
topic |
Manajemen Pemasaran |
url |
http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/1/R12-01-Riza_Rosadi-cover.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/2/R12-02-Riza_Rosadi-RE.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/3/R12-03-Riza_Rosadi-DaIsi.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/4/R12-04-Riza_Rosadi-Bab1.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/5/R12-05-Riza_Rosadi-Bab2DST.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1046/ http://elibrary.mb.ipb.ac.id/ |
contents |
CV. Citra Pangan Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak dalam industri nata de coco. Perusahaan ini memproduksi nata de
coco dalam kemasan dengan merek 'Tacoco” dan 'Wicoco". Sebagai
perusahaan yang baru tumbuh dan berkembang, CV. Citra Pangan Mandiri
menghadapi kendala utama dalam hal pemasaran. Kondisi ini terlihat dari
seringnya terjadi penumpukan persediaan barang jadi produk nata de coco
dalam kemasan sebagai akibat kemampuan bauran pemasaran produk yang
masih terbatas.
Di antara bauran pemasaran (produk, promosi, distribusi dan harga)
yang dimiliki CV. Citra Pangan Mandiri, permasalahan yang paling
menonjol adalah masih lemahnya kemampuan distribusi yang dimiliki
perusahaan yang terlihat dari banyaknya permintaan produk nata de coco
yang tidak dapat dilayani walaupun produk tersedia di perusahaan.
Berdasarkan kenyataan itu maka dirumuskan masalah : (1)
Penerapan strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan selama ini belum
optimal (2) Tidak diperhatikannya faktor-faktor penting yang
mempengaruhi efektifitas distribusi produk nata de coco. (3) Belum
diterapkannya strategi distribusi perusahaan yang dapat meningkatkan
penjualan produk nata de coco. Geladikarya ini bertujuan (1) Mengkaji
strategi pemasaran produk nata de coco yang dijalankan perusahaan selama
ini, (2) Mengkaji faktor-faktor penting yang mempengaruhi efektifitas
strategi distribusi produk nata de coco, (3) Memformulasikan strategi dan
langkah alternatif program distribusi yang dapat dijalankan perusahaan
sehingga dapat menunjang peningkatan pendapatan perusahaan.
Penelitian dilakukan di CV. Citra Pangan Mandiri Darmaga Bogor
mulai bulan Januari 1998 sampai dengan Pebruari 1998. Metodologi
penelitian adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri dari data
kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari sumber eksternal
dan internal perusahaan.
Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah Purposive
Samples, yakni pengambilan unsur sampel atas dasar tujuan tertentu
sehingga memenuhi keinginan dan kepentingan peneliti. Data yang
diperlukan dalam penelitian dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu :
observasi di perusahaan, wawancara dengan pihak manajemen, wawancara
dan penyebaran kuisioner kepada sampel penyalur terpilih dan studi
pustaka.
Data yang telah dikumpulkan, diolah, dan dianalisis dengan
menggunakan berbagai alat analisis. Dengan mempertimbangkan
ketersediaan data dan informasi yang ada, maka alat analisis yang
digunakan adalah : (1) Analisis Industri untuk melihat kondisi eksternal
perusahaan, (2) Rantai Nilai (value chain) untuk menilai kondisi internal
perusahaan, (3) Analisis Strategi Pemasaran, (4) Metode Nilai Faktor
Tertimbang (weighted factor score method) untuk mengetahui strategi
saluran distribusi terbaik.
Hasil analisis lingkungan usaha yang dilakukan diketahui bahwa
perusahaan sekarang berada pada industri tahap pertumbuhan. Setiap
perusahaan yang berada dalam industri yang sedang mengalami
pertumbuhan harus menerapkan strategi yang berusaha meningkatkan
pangsa pasar seluas-luasnya.
Strategi segmentasi berdasarkan wilayah geografi yang ditempuh
saat ini lebih cocok pada industri yang sedang dalam tahap awal
pertumbuhan sedangkan untuk tahap pertumbuhan yang pesat maka
segmentasi berdasarkan demografi dengan mempertimbangkan tingkat
pendapatan pasar sasaran adalah lebih tepat Pemilihan segmen pasar
masyarakat kelas menengah ke bawah adalah tepat mengingat sebagian
besar anggota masyarakat Indonesia termasuk golongan ini. Upaya
memposisikan produk nata de coco yang dihasilkannya sebagai minuman
sehat dan segar yang dapat dinikmati dalam setiap kondisi perlu didukung
upaya pengenalan dan promosi yang gencar kepada masyarakat luas.
Mengamati apa yang telah dilakukan oleh CV. Citra Pangan Mandiri
dalam menciptakan dan mengembangkan bauran pemasaran maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran yang dijalankan
perusahaan masih harus ditingkatkan. Dalam hal produk, perusahaan harus
dapat mempertahankan kualitas produk yang ada bahkan terus
ditingkatkan. Perusahaan perlu melakukan pengembangan produk melalui
perpanjangan dan perluasan lini produk.
Kebijakan harga yang selama ini telah dilakukan CV. Citra Pangan
Mandiri perlu dikembangkan. Strategi diskriminasi harga dapat diperluas
karena perbedaan wilayah dan tingkat pendapatan. Promosi yang ada perlu
terus ditingkatkan untuk menghasilkan loyalitas pelanggan melalui
pemasaran langsung dan potongan harga. Strategi distribusi yang ada perlu
dirancang ulang dengan lebih baik.
Strategi distibusi intensif yang dipilih oleh CV. Citra Pangan
Mandiri adalah tepat mengingat produk nata de coco adalah convenience goods
yang dalam pemasarannya harus sebanyak mungkin menggunakan
penyalur. Namun pelaksanaan kebijakan distibusi intensif ini perlu
didukung dengan berbagai kebijakan lainnya.
Sebelum menentukan saluran distribusi yang digunakan, setiap
perusahaan harus mengetahui beberapa hal seperti karakteristik konsumen
yang menjadi sasaran, baik dari segi potensi dan jumlah serta besarnya
kekuatan daya beli konsumen, letak geografisnya apakah mudah terjangkau
dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan saat ini. Dalam memilih
saluran distribusi yang akan digunakan, CV. Citra Pangan Mandiri juga
perlu memperhatikan jenis barang yang dipasarkan. Perlu dilakukan seleksi
secara lebih ketat terhadap saluran distribusi yang selama ini digunakan.
Perlu diketahui juga bagaimana tingkat persaingan yang ada untuk produk
yang dipasarkan, bagaimana kemampuan pasar untuk tumbuh dan
berkembang di masa yang akan datang dan lain sebagainya. Dan yang tidak
kalah pentingnya adalah perlunya diperhatikan besarnya alokasi dana yang
dibutuhkan dalam mendukung strategi distribusi apakah mencukupi.
Upaya untuk menjalankan strategi pemasaran, khususnya strategi
distribusi yang lebih baik tidaklah dapat dijalankan oleh CV. Citra Pangan
Mandiri jika tidak ada komitmen yang tinggi dari pimpinan dan para
karyawan. Juga tidak akan berhasil dengan baik jika tidak didukung dengan
alokasi dana yang lebih besar. Untuk itu alokasi dana pemasaran harus terus
ditingkatkan sebab selama ini masih sangat kecil.
|
id |
IOS3669.1046 |
institution |
Institut Pertanian Bogor |
institution_id |
20 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Sekolah Bisnis |
library_id |
692 |
collection |
Repositori Sekolah Bisnis IPB |
repository_id |
3669 |
subject_area |
Business/Bisnis Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
city |
BOGOR |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3669 |
first_indexed |
2016-11-17T00:05:25Z |
last_indexed |
2016-11-17T00:05:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763211581188997120 |
score |
17.538404 |