PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Main Author: Rosidi, Irsad; Program Studi Pendidikan IPA, FIP-UTM
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pena Sains , 2016
Online Access: http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1554
http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1554/download
Daftar Isi:
  • Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat melatihkan keterampilan proses sains kepada siswa dalam penggunaan alat termometer. Hasil validasi pakar menunjukkan rerata 4,07 yang dapat dikatakan sebagai kategori layak. Sedangkan hasil pengamatan keterampilan proses sains menunjukkan rerata 3,63 yang menunjukkan siswa telah mampu menggunakan termometer dan respon siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran.