PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR

Main Author: Retno Wulandari, Ana Yuniasti; Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Trunojoyo Madura
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pena Sains , 2014
Online Access: http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1337
http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1337/1157
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Group Investigation ditinjau dari aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kartasura dengan populasi semua siswa kelas VII pada pokok bahasan Gerak. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk aktivitas belajar siswa dan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama, dilanjutkan dengan uji lanjut metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI melalui metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada pokok bahasan Gerak, (2) ada perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada pokok bahasan Gerak, (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada pokok Gerak.