PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: utama, candra, Kentjananingsih, Sri, Rahayu, Yuni Sri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pena Sains , 2014
Online Access: http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1325
http://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1325/DOWNLOAD
Daftar Isi:
  • Penelitian dari penerapan media pembelajaran biologi menggunakan model Direct Instruction telah dilaksanakan dan diujicobakan pada 30 siswa kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya dengan menggunakan one group pretest- posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan hasil sebagai berikut: pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; aktivitas siswa tergolong baik; hasil belajar siswa meningkat dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap media pembelajaran dan penerapannya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran Biologi SMA menggunakan model Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa.