Strategi Pemberian Tugas dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMP Negeri 1 Pattallassang

Main Author: Purwati, Indah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/995/1/Indah%20Purwati.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/995/
Daftar Isi:
  • Tujuanpenelitian ini adalah(1)Untuk mendeskripsikanstrategi pemberiantugas oleh guru dalam memotivasi belajar Pendidikan Agama Islampeserta didikSMPNegeri 1 Pattallassang(2)Untuk mendeskripsikan faktor penghambat danpendukung strategi pemberian tugas dalam memotivasi belajar Pendidikan AgamaIslam Peserta Didik SMPNegeri1 Pattallassang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian iniadalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMPNegeri 1 Pattallassang. Metodepengumpulan data dalam penelitian ini adalahobservasi danwawancara.Teknik pengolahan dananalisis data dalam penelitianiniadalahreduksi data,penyajiandata dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberian tugas olehguru dalam memotivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMPNegeri 1 Pattallassang meliputi memperjelas tujuan yang yang ingin dicapai,menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran denganmengusahakan agar kelas selamanya dalam suasana hidup, segar, terbebas darirasa tegang, memberi penilaian, memberikan penghargaan dengankomentar yangpositif setelah siswa menyelesaikan tugasnya, menciptakan persainganpositifdankerja sama, memberikan hukuman ketika siswa tidak mengerjakan tugas,halaman, perpustakaan, mushallah dan ruangan kelas sebagai tempat mengerjakantugas, memberikan instruksi untuk pemberian tugas, memberikan standar untukbentuk, kerapian dan tanggal pengumpulan, memantau pekerjaan tugas yangsedang berlangsungdanmemberikanumpan balik tugas kepada siswasedangkanfaktor penghambat strategi pemberian tugas dalam memotivasi belajar PendidikanAgama Islam adalah terbatasnya waktu pertemuan, jumlah pendidik yang kurang,serta minat dan perhatian siswadan faktor pendukung strategi pemberian tugasdalam memotivasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah adanya kerja samaantara kepala sekolahdan sarana danprasaranayang mendukung.