Perbandingan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar

Main Author: Lestari, Rahayu Puji
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/986/1/RAHAYU%20PUJI%20LESTARI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/986/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang (1)Bagaimana Hasil belajar IPA Biologi siswa yang menggunakan metode strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) siswa kelas VIII MTs Negeri Model Makassar, (2)Bagaimana Hasil belajar IPA Biologi siswa yang menggunakan metode strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) Siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar dan (3) Perbedaan hasil belajar IPA Biologi antara siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) Siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar IPA biologi siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII di MTsN Model Makassar, (2) Mengetahui hasil belajar IPA Biologi siswa Menggunakan metode strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) pada materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar, (3) Mengetahui perbedaan pada hasil belajar IPA biologi antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A quetion (LSQ) dan Strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) Pada materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang menggunakan desain Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Model Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 12 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Multi Stage Random Sampling, kelas eksperimen I adalah kelas VIII 5 sebanyak 40 siswa dan kelas eksperimen II adalah kelas VIII sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji T. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question sebesar = 73,1 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Questin Student Have sebesar 81,5. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh t ix hitung dan signifikansi (0,02 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dengan strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Negeri Model Makassar.