Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Indivoidualization(TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa

Main Author: Fatmawati, Fatmawati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/965/1/FATMAWATI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/965/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pengaruh hasil belajar ipa peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperative tipe team assisted individualization dengan pembelajaran langsung dalam kelas pada kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang bertujuan (1).Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) (2).Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa setelah menerapkan model pembelajaran cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) (3).Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV 1 dan IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menunjuk langsung sampel yang akan diteliti. Sampelnya adalah kelas IV 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa test pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. xi 2 Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas eksperimen (pretest) sebesar 63,75 dan posttest sebesar 78,44, sedangkan pada kelas kontrol sebelum perlakuan (pretest) sebesar 50,00 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 73,18. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai t hitung = 2,31 yang lebih besar dari nilai t = 2.01 dan nilai sig sebesar 0,025 yang lebih kecil dari pada  sebesar 0,05 (sig. ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar ipa peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperative tipe Team Assited 1 tabel Individualization terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.