Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo Kelas Vii Mts. Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto
Main Author: | Mega, Arimbi Mega |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9117/1/ARIMBI%20PUSPA%20MEGA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9117/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian berdasarkan soal-soal yang diberikan kepada 31 orang siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto, diperoleh persentase tingkat respon siswa sebagai berikut: sebanyak 61,29% dari jumlah siswa berada pada tingkat respon Prastruktural; 25,80% berada pada tingkat respon Unistruktural; 12,90% berada pada tingkat respon Multistruktural, serta tidak ada siswa yang berada pada tingkat respon Rasional dan tingkat respon Extend Abstract, maka disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto berada pada tingkat respon Prastruktural. Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut, yaitu: penyebab kesalahan konsep adalah penggunaan teorema atau rumus yang tidak sesuai dengan kondisi prasyarat berlakunya rumus tersebut bahkan tidak mampu menuliskan rumus yang tepat; penyebab kesalahan memasukkan data adalah kesalahan dalam memasukkan data ke variabel dan menambah data yang tidak diperlukan dalam menjawab suatu masalah; penyebab kesalahan interpretasi bahasa adalah kesalahan dalam menginterpretasikan simbol-simbol kedalam bahasa matematika; penyebab kesalahan teknis adalah kesalahan memanipulasi operasi aljabar; serta penyebab kesalahan penarikan kesimpulan adalah melakukan penyimpulan pernyataan yang tidak sah dengan penalaran logis.