Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentukan Self Concept Peserta Didik pada SDN 278 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo

Main Author: Wahyuni, Andi Eki Dwi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8973/1/ANDI%20EKI%20DWI%20WAHYUNI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8973/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Self concept peserta didik pada SDN 278 Belawa, terbagi dua, yaitu peserta didik yang memiliki konsep diri yang negatif dan peserta didik yang memiliki konsep diri postif. (2) Faktor yang membentuk self concept peserta didik pada SDN 278 Belawa, yaitu pola asuh orangtua, lingkungan sosial, tontonan, kecanggihan alat elektronik, serta latar belakang pendidikan usia dini. (3) Strategi yang dilakukakn oleh guru PAI dalam membentuk self concept peserta didik pada SDN 278 Belawa adalah melalui pembelajaran PAI di kelas yaitu dengan melakukan kegiatan membaca Al Quran sebelum pelajaran dimulai, menghafalkan surah pendek, menciptakan kelas yang menyenangkan, pemberian motivasi, menciptakan suasana humor, memanggil peserta didik yang malu untuk tampil, merefleksi kembali pelajaran yang telah diajarkan. Adapun di luar kelas yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan, menggali informasi mengenai peserta didik, melakukan pengamatan terhadap peserta didik, melakukan bimbingan secara eksklusif, pelaksanaan salat berjamaah, serta pemanfaatan waktu untuk membaca Al Quran.