Pengaruh Kedisiplinan dan Keterampilan Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pelajaran PAI di MTs. Negeri 1 Kota Makassar

Main Author: Zuhdiah, Zuhdiah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8861/1/ZUHDIAH.compressed.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8861/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (3) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (4) menganalisis pengaruh kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (5) menganalisis pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar dan (6) menganalisis pengaruh bersama kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 1429 peserta didik pada 36 rombel, yang disampel dengan tekhnik cluster random sampling sehingga diperoleh 93 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan yaitu ; (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar berkategori sedang ,(2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar berkategori sedang, (3) motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori sedang, (4) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, (5) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh kuat terhadap motivasi belajar peserta didik, (6) kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam secara bersamasama berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan 24% kontribusi variabel kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam.