Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Tecnhology, and Society (SETS) dalam Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 16 Makassar

Main Author: Salfiani, Salfiani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8736/1/SALFIANI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8736/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (independent) yaitu pendekatan pembelajaran SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ, serta variabel terikat (dependent) yaitu hasil belajar dan motivasi belajar biologi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS (kelas peminatan biologi) dengan jumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa pendekatan pembelajaran 2 SETS berpengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh t (38,942>2,028) dan (48,550>2,028) sehingga Ho ditolak dan H xiii 1 diterima.