Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru

Main Author: Yunus, Noor Mu'minin
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8727/1/Noor%20Mu%27minin%20Yunus.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8727/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini melahirkan kesimpulan, yaitu; 1) Realitas motivasi belajar peserta didik di SMP negeri 1 Tanete Riaja berada pada kategori sedang sebesar 72%, 2) wujud konsep diri peserta didik berada pada kategori sedang sebesar 66%, 3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kategori sedang sebesar 76%. 4) Motivasi belajar berpengaruh kuat terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan persamaan regresi Y< = 63,666 + 0,297X1, 5). Konsep diri berpengaruh kuat terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan persamaan Y< = 65,171 + 0,484X2, 6) Motivasi belajar dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan rumusan regresi Y< = 55,643 + 0,242X1 + 0,305X2, dan koefisien determinan R = 0,494 yang berarti 49,4% kontribusi variabel motivasi belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini secara praktis diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan untuk memperhatikan motivasi belajar dan konsep diri peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi guru pendidikan agama Islam kiranya hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan tambahan wawasan tentang motivasi dan konsep diri peserta didik, sehingga dapat membantu guru untuk memperhatikan motivasi dan konsep diri peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agamanya. Bagi peneliti selanjutnya semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan motivasi belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran pendidikan agama Islam