Pengaruh Tingkat Ekonomi dan Status Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar

Main Author: Jumriani, Jumriani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8642/1/Jumriani.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8642/
Daftar Isi:
  • Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu 1) Tingkat ekonomi orang tua di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori sangat tinggi sebesar 93.47%^ yang sesuai dengan teori perilaku ekonomi, 2) Status sosial orang tua di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori sangat tinggi sebesar 93%^ yang sesuai dengan teori struktural fungsional, 3) Prestasi belajar peserta didik di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori baik sebesar 85%^ yang sesuai dengan teori taksonomi bloom, 4) Tingkat ekonomi orang tua tidak berpengaruh positif (1 < 1.159) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, 5) Status sosial orang tua tidak berpengaruh positif (1 < 1.063) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, dan 6) Tingkat ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan status sosial orang tua berpengaruh positif (1 ˃ -0.10576) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar. Implikasi penelitian, yaitu 1) Tingkat ekonomi orang tua perlu difungsikan untuk keperluan pendidikan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, karena hasilnya sangat tinggi, 2) Status sosial orang tua perlu difungsikan untuk keperluan pendidikan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, karena hasilnya sangat tinggi, 3) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar dapat dipertahankan, karena hasilnya berkategori baik, 4) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar tidak dapat ditingkatkan melalui tingkat ekonomi orang tua, karena hasilnya tidak berpengaruh, 5) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar tidak dapat ditingkatkan melalui status sosial orang tua, karena hasilnya tidak berpengaruh positif, dan 6) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar dapat ditingkatkan melalui tingkat ekonomi orang tua secara bersamasama dengan status sosial orang tua, karena hasilnya berpengaruh positif