Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng

Main Author: Beddu, Ma’mum Ali
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8533/1/MA%27MUM%20ALI%20BEDDU.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8533/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Strategi pembelajaran ekspositori diterapakan oleh semua guru baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng. Sedangkan strategi pembelajaran inkuiri hanya diterapkan oleh Reski Amalia. Faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran baca tulis alQur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah kepala sekolah beserta guru-guru, guru baca tulis al-Qur’an, keterlibatan orang tua peserta didik, dan kecanggihan teknologi. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah kurangnya buku bacaan peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, kurangnya alokasi waktu pembelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Adapun solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut, guru baca tulis al-Qur’an menambah sarana belajar, mengelompokkan peserta didik, mengaktifkan kegiatan ekstakurikuler, dan memberi tugas tambahan kepada peserta didik