Penerapan Model Pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) disertai Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu di Kelas VII SMP Pondok Pesantren Putri Yatama Mandiri
Main Author: | Nurmeliatika, Nurmeliatika |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8515/1/Nurmeliatika.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8515/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistic inferensial, rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran class-wide peer tutoring sebesar 87 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan model model rotation trio exchange sebesar 77,5. Homogenitas data menunjukkan nilai signifikan yang diperoleh t hitung 8,04> t dan nilai signifikan(0,000 > 0,05), ini menunjukkan Ho ditolak dan H1 tabel 1,67 diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan yang signifikan dari penerapan model Class Wide Peer Tutoring dan Rotation Trio exchange disertai media komik terhadap hasil belajar biologi klasifikasi makhluk hidup peserta didik kelas VII SMP pondok pesantren putri yatama mandiri Kabupaten Gowa.