Efektivitas Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Manongkoki Kabupaten Takalar

Main Author: Afifah, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8439/1/Nur%20afifah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8439/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di madrasah aliyah manongkoki kab. Takalar. Dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar menggunakan metode ceramah adalah 66 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 18 peserta didik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode diskusi adalah 77,88 dan masuk ke dalam kategori tinggi dari 17 peserta didik. Hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu t hitung 3.460> t tabel 1.692 dan signifikansi (0,002 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di madrasah aliyah manongkoki kab. Takalar.