Pendidikan Multikultural Menurut al-Qur’an Surah al-Hujurat Ayat 11-13 (Telaah Tafsir Al-Mishbah)

Main Author: Harman, Harman
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8394/1/Harman.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8394/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang berbasis keanekaragaman. Perbedaan suku, ras, agama, sampai kepada perbedaan kelas ekonomi dan sosial, semuanya berhak mendapatkan hak-haknya sebagai manusia, makhluk Allah paling sempurna. Semuanya berhak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang sama. Karena al-Qur’an telah menjelaskan bahwa hanya orang-orang bertakwalah yang paling mulia di sisi-Nya. Allah senantiasa memerintahkan untuk selalu menghimpun persatuan, karena semua manusia merupakan saudara, oleh sebab itu manusia dilarang untuk melakukan hal-hal buruk yang mengakibatkan perpecahan. Kemudian Allah menjelaskan prinsip dasar hubungan bersosial kepada seluruh manusia. Nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam tiga ayat tersebut adalah: larangan mengolok-olok, larangan berburuk sangka, larangan mengghibah atau menggunjing, menjalin persaudaraan dan perdamaian antara sesama muslim, mengakui persamaan derajat (egaliter), serta nilai toleransi dan kerukunan. Dalam perwujudannya, pendidikan multikultural dapat disajikan dalam bentuk materi pembelajaran. Diintegrasikan dengan pendidikan agama Islam dan pendidikan kewarganegaraan.