Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Starter Eksperimen pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas XI IPA SMAN 17 Makassar

Main Author: Oktaviana, Ayu Dwi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8229/1/AYU%20DWI%20OKTAVIANA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8229/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien validasi isi masing-masing untuk perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran 3,28, lembar kerja peserta didik 3,44, dan instrumen penilaian 3,21 dinyatakan sesuai dengan kategori valid. Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,45, pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,26, dan angket respon peserta didik 3,40 dan dinyatakan sesuai dengan kategori sedang, hal ini mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan. Untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh rata – rata ketuntasan belajar peserta didik sebesar 91,71 % yang mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kategori keefektifan dengan jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dari 38 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan starter eksperimen pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan di kelas XI IPA 5 yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.