Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah YPIQ Almuzahwirah Kota Makassar
Main Author: | Zakariah, Muhammad Yahya |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8095/1/MUHAMMAD%20YAHYA%20%20ZAKARIAH.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8095/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan dua kali tes, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 68,49 dari nilai KKM sebesar 65, peserta didik yang dikategorikan tuntas belajar yaitu 46,88% atau 15 orang peserta didik dari 32 orang peserta didik dan peserta didik yang termasuk dalam kategori tidak tuntas yaitu 53,13% atau 17 dari 32 peserta didik. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,60, Jumlah peserta didik yang dikategorikan belum tuntas belajar berjumlah 6 orang atau sekitar 18,75%, jumlah peserta didik yang dikategorikan tuntas belajar 26 peserta didik atau sekitar 81,25 %. Kesimpulan Peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab peserta didik kelas XI MA YPIQ Al Muzahwirah Kota Makassar, setelah diterapkan metode sosiodrama, dengan nilai rata-rata pada siklus I 68,49 dan hasil belajar peserta didik meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata mencapai 81,60 ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebasar 12,11. Demikian pula ketutantasan belajar pada siklus I sebanyak 15 orang atau 46,88% yang tuntas meningkat menjadi 26 orang atau 81,25% yang tuntas pada siklus II.